Cara Root Samsung Galaxy A7 2016/2017

Cara Root Samsung Galaxy A7 merupakan cara untuk melakukan pengoptimalan kinerja dari gadget tersebut. Ketika melakukan root tersebut maka ada banyak fitur dan perlakuan yang dapat dilakukan dari versi standart sistem operasi Android dari Galaxy A7 besutan tahun 2016/2017. Lantas apa saja yang bisa di dapatkan ketika sudah melakukan hal tersebut?

Apabila kamu sudah melakukan Root di Samsung Galaxy A7, maka Anda bisa melakukan melakukan tweak, menghapus bloatware, menghilangkan iklan, mengetahui password wifi dan lain sebagainya dapat kamu lakukan di perangkat yang sudah di root. Namun perlu kamu ketahui juga sebelum melakukan penge-root- an alangkah baiknya jika kamu membackup semua data yang ada di HP Galaxy A7. Dan jangan sampai salah langkah ketika melukan nya.

Apa yang perlu di siapkan sebelum root samsung galaxy A7 ini? Yang pertama adalah Root perangkat ini tidak bisa dilakukan dengan hanya menggunakan device sendiri, perlu bantuan PC/Laptop untuk aplikasi pihak ke tiga agar menyelesaikan dengan baik. Kemudian download aplikasi serta software untuk root nya. Untuk caranya nanti bisa di simak di bawah ini !

Flash Sale Lazada hemat 99%

Cara Root Samsung Galaxy A7 2016-2017 dengan PC

Persiapan Root Samsung Galaxy A7 2016/2017

  • Download Samsung USB Driver lalu install di komputer Anda.
  • Download Odin semua versi di halaman ini.
  • Download File TWRP Samsung Galaxy A7
  • Download Update SuperSU (disini). Ekstrak kemudian salin file SuperSU.zip ke memori internal smartphone, letakkan di luar folder.
  • Aktifkan opsi OEM Unlock di ponsel di Developer Option (Mode Pengembang). Caranya, buka menu Setting (Pengaturan), pilih About Phone (Tentang Ponsel) kemudian ketuk Build Number 7 kali secara cepat sampai muncul notifikasi bahwa mode pengembang sudah di buka.

mode debuging usb samsung galaxy a7

Di bawah ini adalah beberapa langkah yang perlu di lakukan untuk rooting, sebelum ke langkah harap di baca terlebih dahulu dan di pahami sebelum bertindak dari pada nanti salah di tengah dan mengakibatkan hal yang tidak di inginkan.

Cara Root Samsung Galaxy A7 2016 SM-A710FD

Cara Install TWRP Samsung A7 2016

Hal pertama yang dilakukan adalah memasang custom recovery terlebih dahulu, dan menginstall SuperSU melalui TWRP tersebut.Simak langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Matikan perangkat Samsung A7 2016 Anda.
  2. Masuk ke “Download Mode”  dengan cara tekan dan tahan tombol Home, tombol Power dan tombol Volume Down secara bersama-sama hingga tampil tanda warning.
  3. Tekan tombol volume up untuk melanjutkan masuk ke Download Mode.
  4. Selanjutnya sambungkan smartphone ke komputer menggunakan kabel USB.
  5. Masuk ke folder Odin, klik kanan file Odin.exe kemudian pilih “Run as administrator”.

cara flash samsung galaxy a7 menggunakan odin

6. Odin akan mengenali perangkat Galaxy A7 yang telah disambungkan dengan USB debuging, apabila driver sudah di install dengan benar. nantinya pada ID : COM akan tertulis nomor PORT dan berganti warna menjadi biru.

cara flash samsung galaxy a7 menggunakan odin aplikasi

7. Sekarang masukkan file TWRP yang sudah di download tadi. Klik menu “PDA” jika Anda menggunakan Odin v3.09, atau klik menu “AP” jika menggunakan Odin versi terbaru.

cara flash samsung galaxy a7 menggunakan odin aplikasi terbaru

8. Setelah file TWRP selesai dimuat, klik tombol “Start” untuk memulai proses install TWRP Samsung A7 2016. Tunggu beberapa saat.

9. Jika proses sudah berhasil dilakukan, nantinya akan muncul notifikasi “PASS!”atau “RESET” yang menandakan bahwa proses flash TWRP sudah berhasil.

Cara Flash Samsung Menggunakan Odin

10. Perangkat akan reboot secara otomatis.

11. Sampai disini, proses instalasi TWRP Samsung A7 2017 sudah selesai.

Rooting Samsung Galaxy A7 2016

  1. Matikan perangkat kemudian masuk ke Recovery Mode dengan menekan Volume Up + Home + Power.
  2. Jika sudah berhasil masuk ke TWRP recovery, ketuk tombol Install.
  3. Selanjutnya cari file SuperSU.Zip yang tadi sudah disalin ke penyimpanan internal.
  4. Kemudian Swipe ke kanan untuk flash SuperSU, tunggu proses berjalan beberapa saat.
  5. Jika sudah selesai, sekarang pilih reboot to system. Nantinya jika perangkat berhasil booting, akan muncul ikon SuperSU di homescreen.
  6. Selesai, proses root Samsung Galaxy A7 2016 sudah berhasil dijalankan.

Cara Root Samsung Galaxy A7 2017 SM-A720F

Cara Install TWRP Samsung A7 2017

Pertama-tama Install terlebih dahulu TWRP pada Samsung Galaxy A7 2017, kemudian install SuperSU dari custom recovery tersebut. Untu caranya berikut ini :

  1. Matikan Samsung A7 A720F yang akan di install TWRP.
  2. Masuk ke “Download Mode”  dengan cara tekan dan tahan tombol Home, tombol Power dan tombol Volume Down secara bersama-sama sampai muncul tanda warning.
  3. Selanjutnya tekan tombol Volume Up untuk lanjut masuk ke Download Mode.
  4. Sekarang sambungkan smartphone ke komputer menggunakan kabel USB.
  5. Masuk ke folder Odin, klik kanan pada Odin.exe dan jalankan sebagai administrator.
  6. Jika driver telah terinstall dengan benar, Odin akan mengenali perangkat yang telah dihubungkan tadi. Indikasinya ID : COM tertulis nomor PORT dan berganti warna menjadi biru.
  7. Setelah itu masukkan file TWRP Samsung Galaxy A7 2017. Klik menu “PDA” jika Anda menggunakan Odin v3.09, atau klik menu “AP” jika menggunakan Odin versi terbaru.
  8. Jika file TWRP sudah selesai dimuat, klik tombol “Start” untuk memulai proses pemasangan TWRP Samsung A7 2017. Tunggu hingga proses selesai.
  9. Setelah proses berhasil dijalankan, nantinya akan muncul notifikasi “PASS!”atau “RESET” yang menandakan proses flash TWRP telah berhasil.
  10. Perangkat akan reboot secara otomatis.
  11. Sampai disini, proses instalasi TWRP Samsung Galaxy A7 A720F sudah selesai.

Rooting Samsung Galaxy A7 2017

  1. Matikan perangkat, kemudian masuk ke TWRP Recovery Mode dengan menekan Volume Up + Home + Power.
  2. Setelah berhasil masuk ke TWRP, pilih menu Install.
  3. Selanjutnya cari file SuperSU.Zip yang tadi sudah disalin ke memori internal
  4. Kemudian Swipe ke kanan untuk flash SuperSU dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  5. Sekarang Reboot perangkat. Jika sudah di Home Screen, nantinya akan muncul ikon SuperSU.
  6. Selesai, Samsung A7 2017 sudah berhasil di Root.

Demikian informasi mengenai cara root samsung galaxy A7 yang bisa kamu praktekkan di rumah. Perlu di ketahui Segala permasalahan setelah mengikuti tutorial ini seperti bootloop, softbricked, hardbricked dan segala macam malfungsi lainnya, diluar tanggung jawab kita.

Best Seller Lazada
About Author: