Samsung Galaxy J3

Samsung memang selalu gencar dalam mengeluarkan produk-produk HP terbaru. Masih menjadi trending topic tentang Samsung Galaxy J2, seolah tidak puas Samsung merilis produk dengan spesifikasi yang merupakan upgrade dari Samsung Galaxy J2, dialah Samsung Galaxy J3 dengan kode seri JM SM-J3109.

Perangkat Samsung Galaxy J series merupakan seri andalan Samsung dengan strategi pasar untuk kelas menengah bawah. Sehinga, Samsung Galaxy J3 kali ini akan mengusung spesifikasi yang berbasis sama dengan seri Galaxy J sebelumnya.

Harga Samsung Galaxy J3

  • Last Updates 18 Juli 2019
Samsung Waktu RilisHarga BaruHarga Bekas
Galaxy J32015, November1.260.000895.000

Harga Samsung Galaxy J3 ini secara resmi memang belum diumumkan. Smartphone terbaru dari Samsung ini akan segera dirilis sebelum akhir tahun 2015 ini.

Flash Sale Lazada hemat 99%

Jika melihat detail komponennya, smartphone seri Galaxy J3 ini setara dengan Samsung Galaxy J7, yakni sama-sama menempati kelas menengah kebawah, akan tetapi perbedaan mencolok terletak pada ukuran layar.

Spesifikasi

Jaringan 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
Jaringan 3G HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
Jaringan 4G LTE 2100 / 1800 / 850 / 2600 / 900 / 800
Layar 5.0 inches, 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
Jenis layar Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Lain-lain – Multitouch
– Capacitive
– Warna : White, Black, Gold
Internal 8 GB / 1.5 GB RAM
Slot microSD, up to 128 GB
Kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
Wifi Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
O.S. Android OS, v5.1.1 (Lollipop)
CPU Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410, Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 306, 400 MHz
Sensor Proximity Sensor, Accelerometer, Compass, Ambient Light, G-Sensor
Kamera
belakang
8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash, Continous shooting, DIgital Zoom, Digital Image Stabilization, Geotagging, Panorama, HDR, Touch Focus, Face detection, White Balance setting, ISO setting, Exposure Compensation, Scene Mode, Video 2MP 1080p@30Fps
Kamera depan 5 MP
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS,
Java No
Fitur lain – MP4/H.264 player
– MP3/WAV/eAAC+/Flac player
– Photo/video editor
– Document viewer
– Social Networking Services & Apps
– Narrow Frame Metal Design
– Samsung Milk Music Service
– Voice Search
– Preloaded Languages
– Super Power Saving Mode
Baterai Tipe Li-Ion 2600 mAh battery
Siaga : –
Bicara Aktif : –

Mengenai spesfikasi Samsung Galaxy J3 telah muncul pada situs benchmark Geekbench, dengan  spesifikasi hardware yang telah mengalami banyak perubahan dan peningkatan. Smartphone ini telah menerima TENAA dan 3C sertifikasi. Selain itu, produk keluaran Samsung ini juga telah terdaftar di website perusahaan Cina.

Perangkat ini didukung oleh quad-core 1.2GHz CPU dan  5-inch 720p Super AMOLED display. Komponen lainnya adalah berupa RAM 1.5GB, 8GB memori internal dan kapasitas daya pada baterai sebesar 2000mAh. Pada aspek fotografi, yaitu kamera dilengkapi kamera belakang sebagai kamera utama  sebesar 8MP dan kamera depan 5MP.

Perangkat ini mempunyai berat 138g dan dimensi 142,3 x 71x 7.9mm. Layar dengan 5 inci 720p yang beresolusi 540 x 960px ikut melengkapi smartphone ini agar berkinerja secara optimal.

Mengenai ukuran layar masih belum dipastikan tentang ukurannya, karena beberapa menyebutkan bahwa Samsung J3 mempunyai ukuran layar sebesar 4.7 inci saja. Akan tetapi, yang jelas J3 hadir dengan ukuran layar lebih kecil apabila dibandingkan dengan Samsung Glaxy J7.

Baca juga: Samsung Galaxy J3 Pro

Kemudian tak ketinggalan chipset yaitu sebuah Snapdragon 410 dengan 64-bit prosesor Cortex-A53 melengkapai komponen pada Samsung Galaxy J3.

Meski hanya menempati sasaran pasar smartphone kelas menengah bawah, namun produk terbaru dari Samsung ini memiliki kualitas spesifikasi yang cukup baik dan tidak bisa dianggap remeh. Nah berikut adalah detail spesifikasinya.

Harga Samsung Galaxy J3

Desain

Seperti dikatakan sebelumnya dari beberapa sumber mengatakan bahwa Samsung Galaxy J3 mempunyai ukuran layar 4.7 inci. Akan tetapi informasi yang didapat dari GSMarena smartphone ini mempunyai ukuran kayar sebesar 5 inci dengan jenis Super AMOLED. Layar tersebut dilengkapi dengan resolusi sebesar 720 x 1280 piksel dan kerapatan layar mencapai 294 ppi.

Meskipun hanya memiliki bentang layar 5 inci dengan resolusi yang standar saja, namun Samsung Galaxy J3 mempunyai kualitas visual yang bagus karena jenis layarnya yang merupakan jenis Super AMOLED.

Layar dengan Super AMOLED memiliki tekstur kristal yang akan menghasilkan tampilan gambar yang lebih halus. Selain itu, Samsung Galaxy J3 ini juga telah dilengkapi user interface TouchWiz, sehingga pada bagian interface menjadi menarik.

Spesifikasi design yang telah diaplikasikan pada Samsung Galaxy J3 ini akan membuatnya menjadi smartphone yang nyaman untuk digunakan dan dipegang.

Adanya ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh layar perangkat ini membuatnya menjadi smartphone dengan ketebalan yang pas artinya tidak terlalu tebal dan tipis. Material yang diaplikasikan untuk Samsung Galaxy J3 juga cukup berkualitas di kelasnya.

Samsung Galaxy J The Series

Samsung Galaxy J1 Samsung Galaxy J2 Samsung Galaxy J3
Samsung Galaxy J1 Samsung Galaxy J2 Samsung Galaxy J3
Samsung Galaxy J5 Samsung Galaxy J7 Samsung Galaxy J1 Ace
Samsung Galaxy J5 Samsung Galaxy J3 Samsung Galaxy J1 Ace

Kamera

Komponen fotografi pada smartphone ini tergolong berkualitas karena dibekali dengan sepasang kamera barkualitas guna mendukung keperluan pengambilan gambar. Kamera belakang yang merupakan kamera utama berukuran 8 MP.

Kamera yang terletak di sisi belakang Samsung Galaxy J3 itu pun juga sudah dibekali dengan LED Flash yang akan menghasilkan gambar yang bagus meski sedang berada di tempat minim cahaya.

Fitur-fitur fotografi standar lainnya seperti Autofocus dan juga Optical Zoom pun. Kamera utama pada smartphone ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas rekaman yang cukup baik.

Samsung Galaxy J3 ini diperlengkap dengan kehadiran kamera sekunder atau kamera depan yang berukuran 5 MP.

Harga Samsung Galaxy J3

OS, CPU, Memori

Setelah dipaparkan secara detail tentang penampilan fisik dari Glaxy J3. Kemudia akan diaparkan lebih lanjut tentang spesifikasi bagian OS, CPU, dan Memori. Samsung Galaxy J3 ini beroperasi dengan mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang di dalamnya terdapat Quad-core 1.3 GHz ARM Cortex A-53.

Penggunaan prosesor Snapdragon 410 tersebut merupakan suatu pembaruan dari prosesor Exynos 3475 yang diaplikasikan pada Galaxy J2.  Sistem operasi yang digunakan adalah OS Android Lollipop v5.1.

Sistem operasi tersebut mempunya beragam fitur menarik dan menyenagkan. Kinerja dari Samsung Galaxy J3 didukung dengan RAM berkapasitas 1.5 GB, hal ini menjadi keunggulan tersendiri untuk smartphone dengan segmen kelas menengah ke bawah.

Samsung Galaxy J3 juga diperkuat oleh GPU jenis Andreno 360 yang akan membuat tampilan grafis pada Samsung Galaxy J3 menjadi lebih berkualitas dan baik.

Smartphone dapat bekerja secara optimal apabila didukung dengan kapasitas ruang penyimpanan file yang mumpuni.

Samsung Galaxy J3 didukung memori internal seluas 8 GB. Ruang seluas 8 GB dapat digunakan untuk menyimpan file-file berukuran besar. Selain memori internal, dilengkapi pula slot external memori dengan daya tampung memorin hingga kapasitas maksimal 128 GB.

HP Samsung Galaxy Lainnya

Samsung Galaxy ON5 Samsung Galaxy J1 J100H
Samsun Galaxy Note 5 Samsung Galaxy E7
Samsung Galaxy A3 Samsung Galaxy E5
Samsung Galaxy A7 Samsung Galaxy J7
Samsung Galaxy ON7 Samsung Galaxy S6

Koneksi

Seperti smartphone pada umumnya, Samsung Galaxy J3 dengan pilihan koneksi yang sangat lengkap dapat memudahkan penggunanya dalam melakukan akses data.

Samsung Galaxy J3 sudah dibekali dengan jaringan 4G LTE yang akan membawa pemakainya berselancar secara cepat di dunia internet dan dapat menikmati kualitas download dengan kecepatan maksimal mencapai 150 Mbps.

Apabila melakukan aktifitas upload, smartphone ini bisa dipacu hingga kecepatan 50 Mbps. Jaringan alternative pada smartphone ini dilengkapi mulai dari jaringan GSM sampai HSPA.

Fitur-fitur koneksi jarak dekat lainnya, antara lain Bluetooth, WiFi dan juga fitur microUSB slot juga diaplikasikan pada Samsung Galaxy J3. Tidak lupa navigasi A-GPS juga mendukung kinerja dari smartphone ini untuk membantu pemakainya dalam menentukan lokasi suatu titik atau tempat.

Baterai

Pada pembahasan terakhir ini, kita akan membahas spesifikasi Samsung Galaxy J3 pada aspek pemasok daya atau disebut juga baterai. Produk terbaru dari Samsung ini dibekali dengan kapasitas baterai yang cukup besar. Samsung Galaxy J3 pun dibekali dengan baterai jenis Lithium-Ion berkapasitas 2.000 mAh. Besar baterai berkapasitas 2.000mAh, ponsel pintar Samsung Galaxy J3 ini akan memiliki waktu bicara selama kurang lebih 18 jam.

Kelebihan dan Kekurangan

Samsung Galaxy J3 ini dibekali dengan layar jenis Super AMOLED. Meski ukuran layarnya tak seluas produk kelas atas dari Samsung, namun dengan adanya layar jenis Super AMOLED tersebut akan menjadi nilai plus bagi ponsel ini.

Kemudian, kelebihan lainnya yang dimiliki oleh smartphone terbaru dari Samsung ini adalah kapasitas memori internalnya yang mencapai 8 GB. Smartphone ini juga mengandalkan chipset Snapdragon 410 yang didukung oleh RAM berkapasitas 1.5 GB.

Lalu, pada lini fotografinya, smartphone terbaru dari Samsung ini dibekali dengan duet kamera utama 8 MP dan kamera sekunder 5 MP.

Kekurangan yang dimiliki diantaranya adalah belum ada proteksi layar built-in, resolusi layar rendah, dan baterai kapasitas standar.

Layar pada Samsung Galaxy J3 ini memang mempunyai ukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan  Samsung Galaxy J7. Kemungkinan besar harga Samsung Galaxy J3 berada di kisaran harga Rp 2-2,5 jutaan. Kisaran harga tersebut sedikit di bawah harga Samsung Galaxy J7.

Best Seller Lazada
About Author: