Cara Melacak Hp dengan IMEI

Apakah itu pencopet yang yang menyelinap di kerumunan atau pria berp1stol yang mencegat Kamu di jalan yang sepi, kesudahannya sama, hp Kamu hilang berpindah tangan. Atau hp hilang karena kamu yang lupa meninggalkannya di kedai kopi dan diambil orang. Dunia dipenuhi dengan hal-hal yang mencoba memisahkan Kamu dengan Hp kesayangan. Kini saatnya kamu belajar bagaimana cara melacak hp dengan IMEI untuk menemukan kembali perangkat tersebut.

Jadi, apa yang harus Kamu lakukan jika handphone Kamu hilang atau dicuri? Segera setelah Kamu menyadari bahwa hp Kamu hilang, lakukan panggilan dari beberapa ponsel lain untuk mengecek apakah ponsel masih berdering. Apakah ponsel masih berdering? Jika ya, ada dua kemungkinan; hp Kamu hilang di suatu tempat, atau orang yang mengambilnya terlalu bodoh (atau gegabah) untuk tidak mematikannya. Hal pertama yang dilakukan pencuri ponsel biasanya mematikan perangkat sehingga tidak dapat dilacak. Kabar baiknya jika hp masih berdering, ada kemungkinan hp kamu yang hilang masih bisa dilacak.

Cara Melacak Hp dengan IMEI

Tidak sedikit para pemilik smartphone yang meremehkan nomor identitas Hp atau IMEI (International Mobile Equipment Identity). Kendati, rangkaian angka IMEI yang umumnya tersusun atas 15 sampai 16 angka dapat membantu menelisik perangkat Hp yang hilang. Angka IMEI itu lazimnya tertempel pada bodi HP sebelah dalam, misalnya di bawah baterai. Nomor IMEI pun dapat diketahui dari menu “about device” atau tentang perangkat di Hp atau dapat juga dengan mengetikkan kode *#06#.

Hanya saja, bagaimana bilamana Hp kamu terlanjur hilang namun belum sempat dicatat nomor IMEI-nya? Tenang saja sebab Google sebagai pengembang OS Android telah membaharui aplikasi “Find My Device” agar dapat menelisik nomor IMEI di Hp yang hilang, dengan catatan smartphone kamu pakai sistem android ya (Cek: Cara Melacak No Hp android yang hilang). Kamu cukup mengetuk tombol lingkaran merah bila ingin melihat nomor IMEI HP Android dari aplikasi Find my Device.

Pada update versi 2.2, pengguna Hp Android dapat melacak nomor IMEI perangkat mereka dimana dalam data yang ditampilkan pun tertera tanggal registrasi IMEI dan waktu terakhir diakses. Sesudah kamu meng-update aplikasi “Find My Device” di Google Play, sentuh ikon “i” yang akan menampilkan data perangkat. Informasi yang bisa kamu dapatkan yaitu : jenis perangkat dan nomor IMEI, tanggal registrasi IMEI pertama, dan waktu terakhir kali diakses. Perlu diingat agar smartphone bisa terlacak, GPS dan koneksi internet dalam keadaan aktif serta perangkat tidak dalam keadaan mati.

Begitu kamu memperoleh no IMEI dari perangkat kamu yang hilang maka bisa segera melacaknya dengan menghubungi provider seluler untuk melacak no hp atau memblokir nomor hpnya sekalian. Digit nmr IMEI difungsikan provider seluler untuk identifikasi ponsel yang terdaftar di jaringannya. Tracking Hp yang hilang pun dapat dilakukan langsung dari aplikasi Find my Device.

Cara melacak Hp dengan IMEI selain menggunakan aplikasi Find My Device di Android juga bisa langsung mengakses website Find My Phone Google dengan alamat https://www.google.com/android/find. Pastikan laptop telah tersambung ke internet. Selanjutnya ketikkan no IMEI ponsel yang hilang. Nantikan sebentar kemudian klik ikon i. Bilamana ada informasi di bawah seri HP android maka itu artinya Google berhasil melacak keberadaannya. Kamu dapat langsung meluncur ke lokasi untuk menemukan HP itu. Begitu tiba di lokasi, kamu bisa membunyikan HP dengan klik menu Putar Suara. Atau klik menu Hapus Perangkat untuk menghapus seluruh data yang tersimpan dalam HP itu.

cara melacak hp dengan imei

Melacak Hp dengan Android Device Manager

Untuk Android, kamu dapat menggunakan fitur Android Device Manager untuk menemukan HP kamu dari jarak jauh. Cukup gunakan fitur “Temukan telepon saya” saat masuk ke Akun Google Kamu untuk memulai pelacakan. Atau, Kamu juga dapat mengunduh aplikasi Android Device Manager dari Play Store di ponsel Android lain dan masuk ke akun Kamu sendiri untuk menemukannya. Namun pelacakan tak akan berguna bila akses lokasi tak aktif di HP yang hilang itu.

Untuk iPhone, Apple memiliki fitur pelacakan iPhone sendiri yang dinamakan “Find My iPhone” (baca juga: cara melacak hp iphone yang hilang). Fitur tersebut bisa diaktifkan dengan masuk ke Pengaturan, lalu ketuk iCloud dan kemudian nyalakan “Find My iPhone”. Fitur Apple juga perlu mengaktifkan Layanan Lokasi agar dapat menemukan perangkat iPhone yang hilang. Caranya, masuk ke akun kamu lalu masuk ke FInd My iPhone dari perangkat iPhone / iPad lain atau masuk ke akun iCloud dari web kemudian klik FInd My iPhone. Sekarang, klik “All Devices”. Titik hijau berarti perangkat sedang online sedangkan titik abu-abu berarti sedang offline.

Kecuali jika perangkat telah offline selama lebih dari 24 jam, maka biasanya akan menunjukkan waktu terakhir kali perangkat online. Pilih perangkat yang ingin kamu temukan yang akan menunjukkan perkiraan lokasi perangkat. Jika perangkat offline, itu akan menunjukkan lokasi terakhir yang diketahui. Kamu juga dapat memilih “Notify me when found” untuk menerima email jika perangkat yang hilang itu online. Kamu harus memasukkan perangkat kamu dalam menu “Lost Mode” dan menguncinya dengan kode sandi. Ini akan memungkinkan kamu mengirimkan pesan khusus ke nomor telepon kamu yang hilang bersama perangkat untuk membantu mendapatkan hp kembali.

Kalau hp tak berdering, entah itu rusak, kehabisan baterai, atau sudah dimatikan. Dalam hal ini, sementara kamu belum bisa berharap perangkat akan kembali. Saat ini, kamu harus fokus untuk menghapus data di perangkat sehingga orang lain tak bisa mengaksesnya. Mula-mula, kamu harus menelepon operator untuk meminta pemblokiran kartu SIM sehingga tak bisa digunakan orang lain. Usai itu, kamu harus melakukan penghapusan data di perangkat yang hilang tersebut.

Menghapus Data di Hp yang Hilang

Untuk perangkat Android: kamu bisa memanfaatkan fitur Android Device Manager  dari Google untuk membunyikan perangkat, mengunci berikut mengubah kata sandi atau melakukan reset data pabrik. Namun, sama seperti ketika menemukan perangkat, ponsel kamu harus terhubung ke internet setelah  melakukan reset / kunci cukup lama untuk menerima instruksi. Kecuali itu, kamu pun harus memberikan akses ke fitur Android Device Manager untuk melakukan pengaturan ulang data pabrik dari jarak jauh agar  berfungsi. Kamu dapat mengaktifkan akses untuk ADM dengan membuka aplikasi Pengaturan Google, kemudian ketuk Android Device Manager.

Untuk perangkat iPhone: iPhone juga memungkinkan kamu untuk menghapus data di perangkat sepenuhnya atau membunyikannya menggunakan aplikasi Find My iPhone. Kecuali itu, iPhone pun menawarkan fitur yang dinamakan “Activation Lock” yang diaktifkan secara otomatis begitu kamu mengaktifkan Find My iPhone. Fitur “Activation Lock” memastikan jika tak ada yang bisa mematikan fitur Find My iPhone, menghapus data di perangkat kamu atau mengaktifkannya kembali tanpa ID Apple dan kata sandi yang kamu miliki. Dengan begitu data pribadi dan penting kamu tetap aman meski perangkatnya hilang.

0 Shares:
You May Also Like

Arti Roaming Data

Apa itu Arti Roaming? Temukan Cara, Fungsi dan Tips Hematnya Disini
Cara Unreg Kartu yang hilang

Cara Unreg Kartu Yang Hilang

Bagaimana Cara Unreg Kartu Yang Hilang? Pernah tidak kartu sim card hp kamu hilang, hangus, atau sudah mati…