Asus Zenfone Max M2

ASUS Zenfone Max M2 merupakan smartphone Android kelas menengah dari ASUS yang dibanderol dengan harga Rp1.799.000,00 (3 GB/32 GB) dan Rp2.199.000,00 (4 GB/64 GB). Seri ini dirilis bersama dengan ASUS Zenfone Max M2 Pro yang memiliki fitur dan spesifikasi yang lebih gahar.

Tak jauh berbeda dengan seri pendahulunya, Zenfone Max M2 dirancang untuk fokus pada beberapa hal penting, seperti kinerja, kamera, serta daya tahan baterai yang mumpuni dengan mengandalkan chipset buatan Qualcomm generasi terbaru. Sebelum seri M2 dan juga M1, Asus pernah meluncurkan Asus Zenfone Max.

Harga Asus Zenfone Max M2

Last Updates: 03 September 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
Asus Zenfone Max M2 (3 GB/32 GB)Rp1.799.000,00Rp1.509.000,00
Asus Zenfone Max M2 (4 GB/64 GB)Rp2.199.000,00Rp1.899.000,00
RilisDesember 2018
Link terkaitDaftar Harga HP Asus Terbaru

Dengan harga di kisaran 2 juta-an, ASUS berani memberikan RAM yang memadai (3 GB hingga 4 GB) dengan daya penyimpanan yang juga cukup banyak (32 GB hingga 64 GB). Spesifikasi yang cukup gahar untuk smartphone dengan harga di kisaran tersebut. Perangkat ini merupakan penerus dari Asus Zenfone Max Pro M1.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 8.1 (Oreo), upgradable to Android 9.0 (Pie)
RAM3/4 GB
ROM32/64 GB
ChipsetQualcomm SDM632 Snapdragon 632 (14 nm)
CPUOcta-core (4x1.8 GHz Kryo 250 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 250 Silver)
GPUAdreno 506
Bodi
Dimensi158.4 x 76.3 x 7.7 mm (6.24 x 3.00 x 0.30 in)
Berat160 g (5.64 oz)
Layar6.26 inches, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan8 MP, f/2.0, 1.12µm
BelakangDual
13 MP, f/1.8, 1.12µm, PDAF
2 MP, depth sensor
Video[email protected], [email protected]
FiturLED flash, HDR, panorama
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Jack Audio 3.5mmYa
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaBlack, Blue
RadioFM radio
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Ion 4000 mAh battery

Desain Berkonsep Unibody dan Berbalut Metal

Asus Zenfone Max M2 Desain

Desain Zenfone Max M2 cenderung lebih mirip dengan Zenfone Max M1 daripada saudaranya, Zenfone Max Pro M2. Material pembungkusnya adalah metal dengan konsep unibody. Sedangkan, Zenfone Max Pro 2 menghadirkan tampilan glossy dengan polycarbonate.

Material metal membuat Zenfone Max M2 terlihat lebih kokoh. Namun, tekstur metal juga menyebabkan Zenfone Max M2 terasa licin di genggaman. Bicara mengenai desain layar pada Max M2, ASUS menggunakan rasio 19:9, sedikit berbeda dengan pendahulunya.

Asus Zenfone Max M2 Layar

Di bagian atas smartphone terdapat notch yang sayangnya tidak dapat diatur oleh pengguna secara manual. Namun, untungnya Max M2 cukup pintar untuk mengetahui apakah sebuah aplikasi membutuhkan tampilan layar dengan notch atau tidak.

Chipset Qualcomm Snapdragon 632 Octa-Core

chipset xiaomi mi a2 lite snapdragon 625

Max M2 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 632 Octa-core yang diklaim oleh ASUS membuat perangkat ini lebih tangguh daripada ponsel yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 625. Chipset ini berteknologi 14 nm dan dilengkapi dengan GPU Adreno 506.

Chipset mumpuni dan didukung dengan RAM serta storage yang cukup memadai menjadikan Zenfone Max M2 smartphone bertenaga yang mampu menjalankan beragam aplikasi secara multitasking dengan lancar. Bahkan, Max M2 juga cukup tangguh digunakan untuk memainkan game populer masa kini.

Baca juga: Asus Zenfone 5Q

Kamera 13 MP+2 MP Depth Sense

Asus Zenfone Max M2 Kamera

Kamera utama Max M2 memiliki sensor dual (13MP+2MP depth sense) yang mampu menghasilkan gambar dengan baik pada kondisi cahaya memadai. Smartphone ini juga cocok bagi vlogger karena Max M2 sudah didukung dengan teknologi EIS untuk merekam video.

Bagi penyuka selfie, Max M2 juga memiliki kamera depan yang cukup memadai. Kamera depan Zenfone Max M2 dibekali dengan sensor 8 MP serta LED flash. Namun, hasil bidik dari kamera depan ini tidak terlalu istimewa dan sebagus kamera utama.

Baterai 4.000 mAH yang Tahan Hingga 8 Jam

baterai vivo y91 4030 mah

Zenfone Max M2 dibekali dengan baterai berkapasitas mencapai 4.000 mAh. Baterai ini pun diklaim oleh ASUS mampu membuat smartphone bertahan hingga 8 jam ketika digunakan untuk bermain game seperti Free Fire dan 1 hari dalam pemakaian normal.

Hal ini tentunya sangat cocok bagi pengguna yang sibuk dengan berbagai kegiatan sehingga tidak ada waktu untuk mengisi baterai ponsel dan para gamers. Pengisian daya baterai Max M2 dari kondisi 10–15% membutuhkan waktu sekitar 2 jam 20 menit.

Keamanan Ponsel Didukung dengan Fitur Face Unlock dan Fingerprint

Samsung Galaxy A50 On-screen Fingerprint Scanner

Zenfone Max M2 menawarkan tingkat keamanan smartphone yang lebih baik dengan adanya fitur face unlock dan fingerprint. Sidik jari pengguna dapat dikenali dengan cepat saat membuka kunci dengan adanya sensor fingerprint. Pengguna dapat menambahkan hingga lima sidik jari untuk dikenali.

Di samping fingerprint, ASUS juga membekali Zenfone Max M2 dengan fitur face unlock untuk membuka kunci pada smartphone. Namun, dibutuhkan kondisi cahaya yang memadai agar fitur ini dapat berfungsi dengan maksimal dan mampu mengenali wajah dengan cepat.

Android 8.1 Oreo Murni

os vivo y71 android oreo

Tampilan bawaan Zenfone Max M2 tidak menggunakan ZenUI karena sistem operasi Android yang digunakan adalah Android 8.1 Oreo murni. Sebagian orang menganggap jika Android murni ini lebih cepat, ringan, dan minim bloatware daripada Android Oreo dengan ZenUI.

Walaupun fungsi gesture Android murni lebih minim daripada Android dengan ZenUI, pengguna masih dapat memiliki fitur dual split multitasking pada Zenfone Max M2. Fitur ini berfungsi untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar.

Kelebihan dan Kekurangan

Asus Zenfone Max M2 merupakan penerus dari Max M1 yang menyasar kelas gamer pemula dan menengah. Oleh karena itu, tak heran jika kelebihan utama dari ponsel ini adalah memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk bermain game.

Kelebihan ASUS Zenfone Max M2

  • Memiliki tingkat keamanan smartphone yang cukup baik dengan adanya fitur face unlock dan fingerprint
  • Kapasitas baterai yang cukup besar dengan daya tahan hingga 8 jam saat bermain game serta 1 hari untuk penggunaan normal
  • Menggunakan Chipset Terbaru Qualcomm Snapdragon 632 yang menunjang kebutuhan bermain game
  • Pemakaian Stock Android yang membuat kinerja ponsel menjadi lebih optimal
  • Layar berukuran luas (6,26 inci)

Kekurangan ASUS Zenfone Max M2

  • Tidak memiliki fitur fast charging
  • Tidak memiliki USB type-C
  • Kamera depan yang biasa saja
  • Desain kurang premium di antara Android kelas menengah lainnya yang memiliki desain glossy
  • Warna display kurang tajam

Kesimpulan

Jika dilihat dari segi fitur dan hardware yang ditawarkan, ASUS Zenfone Max M2 termasuk smartphone yang ekonomis serta bertenaga. Di harga sekitar 2 juta-an, pengguna sudah dapat memiliki smartphone dengan RAM hingga 4 GB dan storage hingga 64 GB.

Asus Zenfone Max M2 sangat pas bagi pengguna yang menyukai smartphone dengan harga terjangkau namun memiliki performa luar biasa. Terutama bagi para gamers, smartphone ini sangat mendukung baik dari segi grafis di tingkat menengah maupun daya tahan baterai.

0 Shares:
You May Also Like

Asus ZenFone 3

Asus ZenFone 3: HP kelas menengah dengan performa gahar