Vivo Y17

Vivo memiliki banyak produk smartphone yang siap digembar-gemborkan untuk bersaing melawan produk merek lain seperti Oppo dan Xiaomi. Namun uniknya, Vivo Y17 yang merupakan salah satu produk baru mereka justru kurang dipublikasikan.

Padahal, ia adalah smartphone menarik untuk kelasnya yang dibanderol Rp2.999.000. Dengan kapasitas RAM 4 GB, internal storage 128 GB, dan chipset MediaTek MT6765 Helio P35, ia siap bersaing melawan smartphone-smartphone pesaing seperti Oppo F11 dan Realme 3 Pro.

Yang lebih menariknya lagi, ia mengusung segudang fitur yang tidak sering dijumpai pada smartphone-smartphone pada kelasnya. Contohnya, memiliki baterai berdaya 5000 mAh yang sangat awet. Selain itu, kamera belakangnya memiliki tiga lensa yang bisa meningkatkan kualitas gambarnya.

Harga Vivo Y17

Last Updates: 09 Agustus 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
vivo Y17Rp2,999,000Rp2.400.000
Rilis2019, April
Link terkaitDaftar Harga HP Vivo Terbaru

Tidak banyak yang tahu bahwa Vivo Y17 baru rilis bulan April yang lalu. Padahal, seri pendahulunya, Vivo Y93, rilis pada awal tahun 2019 dan lebih dikenal banyak orang.

Bicara soal Vivo Y93, harganya satu juta lebih murah ketimbang smartphone penerusnya. Namun, spesifikasinya tidak secanggih Vivo Y17, sehingga Anda sebaiknya memilih untuk menambah bujet satu juta demi mendapatkan smartphone dengan performa yang lebih baik.

Spesifikasi Vivo Y17

Platform
OSAndroid 9.0 (Pie); Funtouch 9
RAM4 GB
ROM128 GB
ChipsetMediatek MT6765 Helio P35 (12nm)
CPUOcta-core (4x2.3 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53)
GPUPowerVR GE8320
Bodi
Dimensi159.4 x 76.8 x 8.9 mm (6.28 x 3.02 x 0.35 in)
Berat190.5 g (6.74 oz)
Layar6.35 inches, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan20 MP, f/2.0
BelakangTriple
13 MP, f/2.2, PDAF
8 MP, f/2.2, 16mm (ultrawide)
2 MP, f/2.4, depth sensor
Video[email protected]
FiturLED flash, HDR, panorama
Konektivitas
SIMSingle SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaMineral Blue, Mystic Purple, Peach Pink, Peacock Blue
RadioFM radio
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Po 5000 mAh battery
ChargerFast battery charging 18W

Chipset MediaTek Helio P35 dengan RAM 4 GB + internal storage 128 GB

Realme 3 Chipset Helio P60

Banyak yang menganggap remeh performa chipset milik MediaTek ini dan lebih memercayai seri Snapdragon 600 yang lebih umum digunakan. Padahal, chipset octa-core MediaTek Helio P35 yang tersemat pada Vivo Y17 memiliki performa yang tidak kalah bagusnya.

Dengan chipset MediaTek ini, Anda bisa multitasking dan bermain game tanpa harus khawatir dengan lag. Hal ini didukung dengan kapasitas RAM-nya yang sebesar 4 GB dan GPU PowerVR GE8320 untuk pengolahan grafisnya.

Internal storage-nya pun tidak kalah hebat berkat kapasitasnya yang sebesar 128 GB. Namun sayangnya, smartphone ini tidak bisa menggunakan microSD eksternal.

AI triple camera

vivo y17 Triple kamera

Penggemar selfie akan jatuh cinta pada kamera depan Vivo Y17 yang dibekali kamera depan dengan angka sensor 20 MP dan teknologi AI. Apalagi dengan teknologi AI tersebut, Anda bisa menggunakan fitur AI Beauty.

Kamera belakangnya pun tidak mengecewakan. Smartphone ini memiliki tiga lensa kamera belakang dengan angka sensor 13 MP, 8 MP, dan 2 MP dengan fungsi yang berbeda-beda.

Lensa 13 MP digunakan untuk mengambil foto secara umum. Sementara itu, lensa 8 MP berfungsi sebagai lensa ultra-wide. Terakhir, lensa 2 MP menciptakan sensor untuk menghasilkan blur/haze. Hasilnya, Anda akan mendapatkan gambar berkualitas tinggi layaknya menggunakan kamera mahal.

Baterai tahan lama dengan fast charging

vivo y17 Baterai Fast Charging

Chipset MediaTek Helio P35 milik Vivo Y17 bisa dijalankan untuk multitasking atau bermain game, sehingga kapasitas baterainya harus mampu menopang itu semua. Untungnya, baterai tanam smartphone ini berdaya 5000 mAh, jadi Anda tidak perlu takut kehabisan baterai dalam waktu yang sangat panjang.

Untuk menunjang fitur tadi, Vivo juga menyematkan teknologi Dual-Engine fast charging. Kelebihannya adalah ia dapat mengisi baterai dalam waktu yang sangat cepat sambil melindungi baterai seiring ia diisi ulang.

Dual SIM

vivo y17 SIM

Vivo Y17 memiliki fitur dual SIM yang berguna bila Anda ingin menggunakan dua nomor dalam satu smartphone. Namun sayangnya, ia tidak dilengkapi lubang microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan datanya.

Desain dan warna sangat mewah

Vivo Y17 Desain Belakang

Vivo mulai mengubah desain smartphone-nya menjadi lebih terkesan premium dan segar pada Vivo Y17. Layar All-Screen terpasang pada bodi yang mulus, elegan, dan memiliki gradasi warna dengan pilihan warna Pearl Pink & Mineral Blue.

Layar All-Screen 6,35 inch HD+

Vivo Y17 Layar

Bicara soal layarnya, Vivo Y17 memiliki layar all-screen 6,35 inch HD+ dengan panel IPS LCD yang berponi pada kedua sisinya. Teknologi layar ini pun memberikan fitur Ultra All Screen pada pengaturan aspek rasionya.

Bila kedua fitur tadi digabungkan, kualitas grafik pada smartphone ini akan sangat menakjubkan.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Vivo Y17

  • Chipset MediaTek Helio P35 yang sangat berguna untuk multitasking
  • Kamera belakang memiliki tiga lensa terpisah untuk memaksimalkan hasil gambar
  • Kamera depan sempurna untuk selfie dengan dukungan teknologi AI
  • RAM 4 GB tinggi dengan internal storage 128 yang sangat besar
  • Baterai sangat tahan lama
  • Memiliki fitur fast charging
  • Desain bodi sangat berkelas dan elegan dengan pilihan warna yang mewah

Kelemahan Vivo Y17

  • Tidak memiliki lubang untuk microSD sehingga tidak bisa memperbesar kapasitas penyimpanannya
  • Pengamanan smartphone hanya berupa fingerprint
  • Pilihan warna baru terdapat dua jenis
  • Belum ada teknologi NFC untuk pembayaran dengan e-money

Kesimpulan

Tidak disangka bahwa Vivo Y17 tidak terlalu dipromosikan seperti produk smartphone terbitan Vivo lainnya. Akibatnya, tidak banyak yang tahu mengenai detail spesifikasi, fitur-fitur menariknya, bahkan keberadaannya sendiri di Indonesia. Namun bila sudah mengetahuinya, Anda akan mengerti alasan ia mulai digemari.

Kapasitas baterainya sangat besar dan mendukung aktivitas Anda untuk multitasking, bermain game, atau menonton video tanpa menguras banyak daya baterai. Selain itu, kamera depan maupun belakangnya menghasilkan gambar yang menakjubkan, sempurna untuk kebutuhan selfie maupun fotografi biasa.

Dengan kata lain, Vivo Y17 adalah smartphone fleksibel yang pantas dimiliki semua orang, baik gamer, pekerja kantoran, atau penggemar selfie. Meski belum banyak dikenal karena minimnya promosi, smartphone ini perlahan mendapatkan banyak penggemar yang menyukai smartphone all in one ini.

0 Shares:
You May Also Like

Vivo Y937

Vivo Y937: HP menengah dengan prosesor cepat
Vivo Y53

Vivo Y53

Vivo Y53: Smartphone Budget dengan Fitur Gahar

Vivo S1

Vivo S1: Penuh gaya dengan desain trendy

Vivo Y21L

Vivo Y21L: Dibekali teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE LTE
Vivo Y83

Vivo Y83

Vivo Y83: Smartphone dengan fitur face access

Vivo Y55L

Vivo Y55L: Dibekali teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE