Vivo Y53

Dari tahun ke tahun, segmen pasar smartphone budget bagi pemula masih kompetitif, dan berbagai produsen smartphone memiliki produk-produk budget untuk bisa bersaing. Pada tahun 2017, Vivo merilis Vivo Y53 dan ikut meramaikan pasar menarik tersebut.

Sebagai smartphone budget, ia dibanderol seharga Rp1.799.000. Dengan kapasitas RAM 2 GB, internal storage 16 GB, dan chipset Snapdragon 425, Vivo Y53 siap bersaing melawan kompetitornya seperti Redmi 4X, Asus Zenfone Live Zb501kl, dan Samsung Galaxy J2 Prime.

Dibanding smartphone pesaingnya, produk Vivo yang satu ini memiliki beberapa keunggulan. Beberapa di antaranya adalah kualitas layar qHD yang tersemat fitur “Eye Protection Mode” dan Dual 4G SIM + microSD Card all-in-one yang bisa terpakai semua sekaligus.

Harga Vivo Y53

Last Updates: 09 Agustus 2019
Tipe HPHarga BaruHarga Bekas
vivo Y53 Rp1.799.000Rp1.300.000
Rilis2017, Maret
Link terkaitDaftar Harga HP Vivo Terbaru

Mengingat usianya sudah lebih dari dua tahun, harga bekas Vivo Y53 turun cukup drastis. Anda bisa memilih ingin membeli barang barunya atau bekasnya.

Namun satu hal yang pasti, harganya lebih kompetitif dibanding seri smartphone pendahulunya yaitu Vivo Y21, baik baru maupun bekas. Apalagi mengingat bahwa Vivo Y21 hanya memiliki RAM 1 GB dengan kapasitas baterai yang kurang mampu bersaing.

Spesifikasi

Platform
OSAndroid 6 (Marshmallow); Funtouch 3
RAM16 GB
ROM2 GB
ChipsetQualcomm MSM8917 Snapdragon 425 (28 nm)
CPUQuad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 306
Bodi
Dimensi144.2 x 71.4 x 7.6 mm (5.68 x 2.81 x 0.30 in)
Berat137 g (4.83 oz)
Layar5.0 inches, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Kamera
Depan5 MP, f/2.2
Belakang8 MP, f/2.0, AF
Video[email protected]
FiturLED flash, HDR
ProteksiCorning Gorilla Glass 3
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Jack Audio 3.5mmYa
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
WarnaCrown Gold, Matte Black
RadioFM radio
SensorAccelerometer, proximity, compass
BateraiNon-removable Li-Ion 2500 mAh battery

Snapdragon 425 + RAM 2 GB +ROM 16 GB

prosesor vivo y53 snapdragon 425

Tidak ada hal yang spesial mengenai chipset Snapdragon 425 yang tersemat pada Vivo Y53, mengingat spec ini kerap ditemui pada smartphone budget lainnya. Begitu juga dengan kapasitas RAM 2 GB dan internal storage-nya yang sebesar 16 GB.

Walau begitu, smartphone ini lebih dari cukup untuk mengerjakan aktivitas yang ringan asal tidak multitasking. Bermain game pun masih bisa dilakukan dengannya, walaupun lag mungkin akan terjadi bila memainkan game berat seperti MOBA Mobile Legends, Omyouji, Ragnarok, atau PUBG.

Sementara itu, untuk mengatasi masalah internal storage-nya yang tergolong cukup minim, Vivo Y53 menyediakan slot microSD untuk memasang external storage hingga 256 GB. Tentunya hal ini bisa membantu Anda untuk menyimpan file yang lebih banyak seperti gambar dan video.

Kamera 5 MP dan 8 MP

kamera vivo y53

Kamera yang tertanam pada bagian belakang Vivo Y53 masih menggunakan lensa dengan angka sensor 8 MP Autofocus untuk menekan budget. Walau begitu, ia dilengkapi LED flash dan fitur HDR untuk meningkatkan kualitas gambar yang dihasilkannya.

Kamera depannya pun patut diacungi jempol walaupun hanya memiliki resolusi 5 MP. Hal ini berkat dukungan “Smart Screen Flash” pada lensanya yang membuat pencahayaan selfie Anda lebih terang meski di ruangan yang sedikit gelap.

Baterai 2500 mAh

Baterai vivo y53

Untuk kelasnya, Vivo Y53 memiliki baterai tanam yang cukup kuat dengan kapasitas daya 2500 mAh. Dibanding smartphone lain pada kelas smartphone entry level, baterai ini lebih dari cukup untuk bisa menjalani aktivitas pada smartphone ini dalam waktu yang cukup lama.

Tentunya tidak ada fitur fast charging pada smartphone ini. Namun karena Anda tidak akan menggunakannya untuk kepentingan multitasking atau aktivitas berat lainnya, baterai ini tidak akan merepotkan Anda.

Dual SIM dengan slot microSD card

Dual Sim vivo y53

Mungkin hal paling menarik yang ditawarkan Vivo Y53 dibanding smartphone lainnya pada kelasnya adalah slot kartunya. Terdapat dua lubang untuk kartu SIM Anda dan satu lubang untuk microSD.

Masing-masing lubang terpisah, sehingga Anda bisa menggunakan semua kartu tersebut tanpa harus memilih memasang 2 kartu SIM tanpa microSD atau 1 kartu SIM dengan microSD. Jaringan dual 4G pun bisa Anda gunakan semuanya, dan jaringan internet bisa diubah kapanpun.

Desain simpel dan ringan

 

Desain bodi Vivo Y53 mungkin nampak standar tanpa ada sentuhan yang terlalu elegan. Meski begitu, desainnya yang simpel memiliki bobot yang cukup ringan seberat 137 gram karena dimensinya pun lebih ringan, yaitu 144.2×71.4×7.6 mm.

Pilihan warnanya pun cukup bervariasi. Anda bisa memilih warna Space Gray, Black, atau Crown Gold.

Layar 5 inch qHD dengan  Corning Gorilla Glass 3

Seperti smartphone budget pada umumnya, Vivo Y53 tidak memiliki layar all-screen yang menutup hampir seluruh permukaannya. Meskipun begitu, layar LCD 5 inch qHD yang tersemat padanya menghasilkan gambar yang cukup tajam, jelas, dan memuaskan.

Terlebih, ia memiliki fitur bernama “Eye Protection Mode” yang berfungsi untuk mengurangi efek sinar biru pada layar. Hal ini tentunya bermanfaat bila Anda gemar membaca e-book atau berkutat pada media sosial pada malam hari.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Vivo Y53

  • Chipset Snapdragon 425 cukup untuk melakukan aktivitas standar
  • Kamera belakang dilengkapi fitur HDR untuk hasil gambar yang lebih bagus
  • Kamera depan memiliki fitur “Smart Screen Flash” untuk selfie pada ruangan yang sedikit redup
  • Slot kartu Dual SIM dan microSD bisa terpakai semua sekaligus
  • Baterai cukup tahan lama untuk kelasnya
  • Desain bodi ringan dan mulus
  • Layar dilengkapi tempered glass Corning Gorilla Glass 3

Kelemahan Vivo Y53

  • Belum ada sensor fingerprint
  • Desain bodi terlalu standar
  • Untuk pengguna e-money belum didukung teknologi NFC

Kesimpulan

Dari jauh, mungkin Anda berpikir bahwa Vivo Y53 hanyalah salah satu dari sekian banyaknya smartphone budget untuk entry level yang fiturnya kurang menarik. Namun ternyata, smartphone ini menawarkan spesifikasi dan fitur yang cukup menarik untuk kelasnya.

Pertama, Anda disuguhi baterai tanam yang cukup besar dibanding smartphone lain pada kelasnya. Lalu, slot kartu dual SIM dan microSD bisa terpakai semua sekaligus tanpa harus memilih dua di antara ketiganya. Terakhir, desainnya yang ringan dan mulus sangat praktis.

Karena itu, jangan heran kalau Vivo Y53 masih memiliki peminat yang membutuhkan smartphone budget untuk entry level.

 

0 Shares:
You May Also Like

Vivo X6 S Plus

Vivo X6 S Plus: Mengusung teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE dan dibekali memeori penyimpanan besar

Vivo X7

Vivo X7: Menggunakan panel layar Super AMOLED dan dibekali kamera beresolusi tinggi
Vivo V9 6 GB

Vivo V9 6 GB

Vivo V9 6 GB: Upgrade Terbaru dengan Spec Super Tajam

Vivo Y31 A

Vivo Y31 A: Dibekali teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE

Vivo Y31 L

Vivo Y31 L: Dibekali teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE
Vivo Y93

Vivo Y93

Vivo Y93: Performa Terbaik dengan Harga Bersahabat