Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Penyebab Baterai HP Cepat Habis – Bagi anda pengguna Hp android tentunya sering mengeluhkan baterai hp anda cepat habis. Hal semacam ini tentunya sangat menganggu, apalagi bagi anda yang sering perbergian jauh, selain harus terus membawa powerbank juga menghambat komunikasi dengan orang lain. Lalu apa penyebab baterai ponsel yang cepat habis? Kita akan membahasanya disini.

Sekarang ini hampir semua orang menggunakan handphone. Baik untuk berkomunikasi, bekerja maupun eksis di dunia maya. Untuk melakukan semua hal itu, baterai menjadi komponen paling penting karena dialah yang menyuplai daya supaya hp dapat berfungsi sebagai mana mestinya. Kenapa ya baterai hp cepat habisnya? Mungkin pertanyaan itu sering muncul dalam benak kita.

Penggunaaan hp yang seakan – akan sudah menjadi kebutuhan, membuat kita lupa bahwa perangkat ini juga memiliki batasan – batasan dalam penggunananya. Jika sudah melampaui batas maka hp akan bekerja dengan ekstra yang otomatis membutuhkan sumber daya yang besar. Hal itu berdampak pada pengurangan daya baterai Nah dalam artikel ini kita akan cari tahu kenapa baterai hp cepat habisnya.

Flash Sale Lazada hemat 99%

Berikut ini adalah beberapa pernyataan dan suatu permasalahan yang kerap kali di lakukan oleh user hp Android miliknya. Tanpa sepengetahuan apa yang di lakukannya itu adalah hal yang salah, sehingga dapat merusak atau mengurangi usia baterai. Apakah kamu sama halnya seperti pertanyaan di bawah ini?

Cek juga: Penyebab Hp Sering Restart Sendiri

penyebab baterai hp cepat habis

Penyebab Baterai Hp Cepat Habis

Ada banyak alasan kenapa baterai ponsel cepat habis. Berikut beberapa diantaranya yang menjadikan alasan kenapa baterai ponsel android cepat habisnya :

Sosial Media

Aplikasi sosial media yang sekarang ini banyak berkembang macamnya tak pelak memang memudahkan kita untuk berkomunikasi walau dengan jarak yang sangat jauh sekalipun. Namun konsekuensi dari aplikasi sosial media yang banyak berkembang macamnya itu membutuhkan jaringan internet yang harus selalu aktif.

Kenapa baterai ponsel cepat habis dalam penggunaan sosial media ini? Jawabannya seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa media sosial membutuhkan jaringan internet. Untuk mencari jaringan internet tersebut perangkat hp otomatis terkuras daya baterainya. Apalagi jika anda adalah orang yang sangat aktif di dunia sosial media. Selama masih ada paket data, jaringan internet akan terus bekerja meskipun tidak sedang kita pakai. Hal itulah yang menguras daya baterai dan menyebabkan baterai cepat habis.

Kerja Sistem Yang Berlebihan

Handphone khususnya android mempunyai sistem operasi yang digunakan untuk menjalankan semua fungsi aplikasi yang ada di hp tersebut. Sistem tersebut memang bisa menjalankan 1 -2 aplikasi secara bersamaan yang biasa disebut dengan istilah multitasking. Sebagai contoh mengaktifkan wifi untuk mengakses media sosial namun juga menggunakan Hp untuk mendengarkan musik.

Namun jika lebih dari itu biasanya sistem akan mencapai batasnya dan tidak dapat bekerja dengan maksimal yang biasa kita sebut lag (ngelag). Nah penggunaan sistem yang sudah mencapai batasnya ini akan membuat konsumsi baterai berlebihan dan menyebabkan baterai cepat habis.

Hal biasa yang sering kita lakukan adalah terlalu banyak menginstal aplikasi sehingga membebani kinerja Hp terlebih aplikasi yang selalu terhubung ke jaringan internet seperti aplikasi media sosial dan game contohnya aplikasi telegram, Facebook, WhatsApp, Instagram dan lain sebagainya. Walaupun Anda sedang tidur aplikasi-aplikasi android tersebut tetap bekerja selama terhubung ke internet apalagi jika aktif seluruhnya.

Kecerahan Layar Yang Berlebihan

Tanpa kita sadari alasan mengapa baterai smartphone android cepat terkuras salah satunya karena Menggunakan tingkat kecerahan layar ponsel maksimal sehingga membuat batrai cepat drop dan Hp menjadi cepat panas.

Pengaturan kecerahan layar hp yang full dapat mengakibatkan baterai handphone kita cepat terkuras. Maka dari itu aturlah kecerahan layar jangan sampai full setidaknya setengah saja agar dapat hemat daya baterai handphone kita. Cobalah gunakan keceharan layar secukupnya hal ini akan menghemat baterai hp anda.

Sinyal

Sinyal ini menjadi hal yang utama dalam fungsi hp. Jika hp tidak menangkap sinyal maka tidak akan bisa dipakai untuk keperluan komunikasi atau yang lain sebagaimana mestinya. Pencarian sinyal inilah yang membutuhkan daya baterai yang cukup besar sehingga menyebabkan boros baterai hp.

Kesalahan Dalam Penggunaan Charger

Setiap hp pasti dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi dayanya. Namun kita harus perhatikan juga penggunaan charger yang kita pakai untuk cas baterai smartphone kita. Kesalahan dalam penggunaan charger ini akan berdampak buruk pada usia baterai haandphone kita. Gunakanlah charger yang sesuai dengan daya baterai hp.

Penggunaan charger Smartphone yang tidak sesuai dengan kapasitas baterai anda menjadi awal penyebab ketidak normalan Hp sehingga batrai Hp sering cepat habisnya.Yang paling aman adalah selalu menggunakan charger bawaan hp pada saat kita membeli hp tersebut.

Kesalahan Dalam Proses Pengisian Daya

Pada saat pengisian daya juga harus kita perhatikan. Janganlah menggunakan hp untuk bermain game atau mendengarkan musik sambil mengisi daya baterai. Karean hal itu akan berdampak buruk bagi baterai dan memperpendek usia penggunaan daya baterai hp kita. Lebih bagus lagi jika kita mengisi ulang baterai dalam posisi off atau hp dimatikan. Sehingga pengisian baterai akan lebih maksimal.

Umur Hp Sudah Tua

Hp yang sudah lama digunakan juga akan mempengaruhi daya kerja hp tersebut. Semakin lama hp digunakan maka akan semakin tidak normal digunakan. Biasanya hp akan bertahan di performa terbaik selama setahun pertama namun setelah itu akan performa hp mengalami penurunan karena hardware sudah tua dan perlu di update.

Penggunaan Hp Tanpa Henti

Hp selalu digunakan tanpa henti, artinya smarthone selalu dipakai bahkan ketika masih di charge, hal ini akan berakibat buruk pada daya tahan baterai. Seperti halnya manusia Hp juga butuh diistirahatkan. Cobalah untuk melepaskan baterai dan mengistirahatkan Hp anda untuk menjaga kinerjanya agar selalu baik.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan baterai yang cepat habisnya, pasti banyak dari anda yang sering melakukan kesalahan diatas.

Tips Memperbaiki baterai Hp Yang Cepat Habis

Setelah mengetahui beberap hal yang dapat menguras baterai smartphone anda, berikut ini kami bagikan beberapa tips untuk mengatasi baterai hp yang cepat habis

Matikan hape saat Ngecas Hp

Budayakan mematikan Hp anda ketika sedang charge daya, jangan budayakan untuk terus isi batrai anda walau sudah terisi full 100%. Usahakan untuk isi batrai anda ketika sudah 40% hal ini akan membuat kinerja ponsel anda lebih optimal dan ada peningkatan masa pakai baterai.

Non-aktifkan aplikasi

Selalu usahakan agar Hp anda non-aktif ketika tidak anda gunakan seperti ketika anda tidur atau minimal matikan data Hp anda, hal ini akan membantu anda untuk menjaga ketahanan batrai anda untuk selalu maksimal.

End task

Salah satu Penyebab baterai Hp cepat habis adalah aplikasi yang diakses. Bila anda sudah tidak menggunakan suatu aplikasi usahakan untuk menutup aplikasi tersebut atau ketika anda sedang bermain media sosial usahakan untuk meng-logout media sosial anda ketika sudah tidak digunakan agar tidak memboroskan baterai Hp. Aplikasi lainya yang membuat batrai anda boros yaitu ketika mengaktifkan GPS, Bluetooth ataupun wifi.

Akftifkan Fitur Airplane Mode

Fitur Airplane atau mode pesawat sebaiknya dinyalakan ketika anda sedang beristirahat. Mode pesawat ini dapat memaksa antena seluler untuk dimatikan sehingga tidak aktif mencari jaringan seluler.

Jangan Gunakan Wallpaper Animasi

Jangan menggunakan latar wallpaper animasi yang bergerak: walaupun tampilannya menarik, hal ini dapat membuat ponsel Anda bermain video secara terus-menerus dan tentu saja menyebabkan penurunan daya baterai.

Sebaiknya pilih latar layar ponsel berwarna hitam, karena warna ini terbukti paling hemat baterai dan tidak menyakitkan mata kita.

Jangan menggunakan charger Hp yang berbeda

Usakana untuk mengecharge Hp anda dengan charge asli bawaan dari pabrik karena setiap charge memiliki kekuatan ampere yang berbeda –beda . bila anda menggunakan charge dengan kekuatan ampere yang tidak sama dengan Hp anda maka proses charging tidak akan maksimal.

Mengganti Baterai dengan yang Baru

Kalau kondisi baterai hp memang sudah tidak bisa diperbaiki lagi, mungkin masa pakai baterai memang sudah habis, atau baterai hp sudah rusak / bocor, maka sudah waktunya untuk ganti baterai baru. Jangan lupa untuk pilih baterai yang original sesuai dengan merk smartphone yang anda beli.

Itulah sekilas tentang hal hal yang menyebabkan baterai Hp yang cepat habis dan tips mengatasinya, semoga dapat membantu.

Best Seller Lazada
About Author: