Review Advan G3: Smartphone Lokal Dengan Speaker Dari Harman Kardon

Digital Ponsel – Advan merupakan vendor local yang konsisten mengeluarkan produk yang berkualitas dengan harga yang ramah di kantong.

Vendor ini juga masih mampu bersaing dengan brand global yang masih sangat mengekspansi pasar di tanah air.

Bahkan Vendor ini masih ingin menunjukan taringnya dengan mengeluarkan prodak terbaru mereka dan juga ingin prodak ini menjadi kebanggaan Indonesia, dan prodak tersebut dirilis dengan nama Advan G3.

Advan G3.jpg

img : lebihcepat.com

Kelanjutan dari smartphone yang diluncurkan sebelumnya yaitu Advan G2/G2 Plus ingin tampil lebih fresh dengan membawa sejumlah pembaharuan.

Dalam smartphone besutan terbarunya ini memang menjadi salah satu smartphone yang telah disematkan Speaker ganda yang menjadi tanda berkolaborasinya vendor ini dengan perusahaan Audio kelas Wahid di dunia yaitu Herman Kardon.

Bukan hanya itu, lebih jauh lagi smartphone ini juga menonjolkan sistem keamanannya yang berlapis dan juga hardware yang digunakan merupakan yang terbaik pada kelas ponsel ini.

Tidak usah terlalu lama basa basinya, berikut ulasan kami selengkapnya tentang Advan G3 ini.

Isi Di dalam Paket Penjualannya:

  • Handset
  • Charger
  • kabel data
  • buku manual
  • kartu garansi
  • SIM ejector
  • Softcase
  • Warna yang tersedia: Black, Blue
  • Harga di pasaran untuk saat ini : Rp 2.999.000

Desain Elegan

Menyerupai smartphone keluaran terdahulunya yaitu Advan G2 Plus, pada Advan G3 juga menampilkan model smartphone yang futuristic ala smarphone zaman milenial.

Tampil dengan desain yang kokoh da juga elegan, smartphone ini cenderung condong ke desain minimalis tetapi juga modern.

Dimensinya dibuat memanjang dengan layar yang memiliki konsep Full Screen, dan tampilannya terasa sangat luas.

Dengan desain yang diusungnya membuat bagian bodi Advan G3 ini terasa sangat nyaman saat digenggam.

Desain pada bagian bodinya terlihat ergonomis dengan bagian sudut yang membulat.

Tetapi kita perlu berhati hati saat mengenggamnya dikarenakan lapisan pelindung pada layar smartphone ini memiliki tepian yang terasa menyembul ke atas , dan ini membuat sentuhan dengan kulit tangan yang sensitive bisa saja mengores kulit yang sensitive tersebut.

Pada area depan smartphone ini, Advan juga menyematkan dua buah speaker yang dapat mengeluarkan kualitas suara yang super jernih dengan kekuatan audio yang kencang dan keras juga.

Hal ini berkat kerjasamanya dengan salah satu perusahaan top di bidang audio yaitu Herman Kardon.

Speker itu terletak pada bagian atas dan bawah layar dengan tampilan berupa celah kecil yang memanjang.

Di area depan kita juga dapat melihat adanya kamera selfie di bagian kanan atas layar dan juga beberapa sensor seperti Proximity dan juga Light sensor yang tampil sejajar dengan kamera selfie tersebut.

Pada bagian bawah layarnya terdapat sebuah logo Advan dengan penempatan tepat di bagian tengah bawah smartphone ini.

Beralih pada area bagian belakang, Advan G3 memiliki cover belakang dengan bahan material plastic yang dilapisi bahan khusus menyerupai bahan kaca.

Lapisan ini membuat tampilan belakang dari Advan G3 ini terlihat lebih glossy dan dapat memantulkan bayangan kita.

Tetapi hal yang kurang menyenangkan dari bahan ini, adalah lapisan ini terasa licin saat dipegang dan juga mudah terpapar debu dan tertempelnya sidik jari kita material ini.

Cover belakang ini juga rentan terhadap goresan, juka anda kurang berhati hati saat meletakannya, untungnya pada paket penjualannya disertakan sebuat softcase yang dapat melindungi bagian belakang dan juga bodi smartphone ini.

Area belakang mempunyai desain bodi yang datar.

Pada bodi yang datar ini disematkan sebuah kamera utama , lampu LED Flash dan juga sensor finger print yang posisinya berdampingan memanjang ke bawah.

Pada bagian ujung bawah terdapat sebuah logo perusahaan yang mensupport speakernya yaitu Herman Kardon, sehingga ponsel ini terlihat lebih ekslusif dan menjelaskan bahwa smartphone ini telah berkerjasaman dengan Herman kardon.

Untuk penempatan panel yang lain dapat dilihat bahwa Advan G3 memiliki port micro USB yang berada pada bagian bawah tepi layar dikarenakan tergeser oleh penempatan spekernya.

Di bagian atas layar terdapat port headphone 3.5 mm, dedangkan slot SIM Card Tray berada di bagian sisi kiri yang memiliki desain tiga buah slot untuk menempatkan 2 buah SIM Card dan 1 buah Micro SD.

Layar Full Screen yang sangat Lebar dan juga Jernih

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, Smartphone ini memiliki desain layar Full Screen dengan ukuran yang lebih besar dari pada pendahulunya G2 Plus, yaitu sebesar 5.9 inci.

Baca juga :   Harga Infinix Hot Note 32GB dan Spesifikasi

Sedangkan jenis layar yang digunakan pada Advan G3 masih mengunakan model standart pada smartphone kelas mid-and atau pun low-and yaitu layar IPS LCD, aspek rasio yang ada pada layar ini adalah 18 : 9, tetapi resolusi layarnya hanya terbatas sampai HD+ 720×1440 piksel.

Dikarenakan mengusung perbandingan antara resolusi dan ukuran layar yang ada di smartphone ini maka didapatkan kerapatan pixel sebesar 272 ppi.

Hal ini terasa cukup lumayan dan masih terlihat tajam, juga mempunyai tingkat kontras yang baik.

Bahkan jika kita mencoba mengunakannya di bawah sinar matahari langsung, tampilan layar dari smartphone ini masih terlihat cukup jelas.

Tetapi dengan syarat pengaturan brightness nya di setting pada posisi paling maksimal.

Ada satu lagi yang menarik dari kemampuan layar dalam menampilkan tampilan yang mempesona, yaitu disematkannya teknologi MiraVision yang ada pada smartphone ini.

Teknologi ini mampu meningkatkan kualitas tampilan pada layar smartphone ini, itu dikarenakan MiraVision mempunyai pengaturan lanjutan yang bisa mempertajam kualitas layar, meningkatkan tingkat kontras, merubah saturasi ,temperatur warna dan juga kecerahannya.

Namun anda harap berhati hati saat mengunakan smartphone ini, sebisa mungkin hindarkan bagian layarnya dari benda tajam atau runcing.

Dikarenakan material layarnya belum dilapisi teknologi anti gores seperti Corning Gorila Glass atau sejenisnya.

Tapi kami sangat mengapresiasi bahwa pihak Advan menyertakan Screen Protector pada paket penjualannya.

Jika ada merasa bosan dengan tampilan standart pada layar Advan G3 ini, terdapat beberapa pengaturan display yang dapat kita otak atik, mulai dari berbagai macam tema dan juga wallpaper yang bisa kita pilih sesuai selera dan mood kita.

Ada satu poin yang menarik pada pengaturan display nya yaitu adanya fitur perlindungan mata (Eye care) terhadap efek cahaya biru yang berlebih atau disebut juga BluLight Defender.

Pilihan ini dapat kita temukan pada pengaturan MiraVision.

Mengunakan Sistem Operasi Lama namun mempunyai Sistem Keamanan Berlapis

Walaupun mempunyai desain layar dan body yang sudah cukup modern sesuai dengan smartphone-smartphone masa kini, namun Advan G3 mempunyai platform sistem operasi yang terbilang versi lama.

Smartphone ini mengunakan Sistem Operasi Android 7.0 Nouget dengan mengunakan balutan Custom OS dari Advan yang disebut IDOS (Indonesia Operating System) dengan versi 7.23.

Yang kami herankan mengapa smartphone ini ,masih mengunakan konfigurasi Custom OS versi itu padahal seri yang terdahulu seperti Advan G2 Plus sudah mengunakan Versi 8.1.

Kami mengharapkan smartphone ini dapat di upgrade ke versi 8.0 Oreo.

Namun walaupun masih mengunakan sistem operasi yang lama, tidak membuat serta merta mengurangi kecepatan dan adanya fitur fitur unggulan yang dikurangi pada smartphone ini.

Bahkan fitur-fitur yang disematkan pada smartphone ini tidak berbeda dengan produk sebelumnya G2 Plus ataupun smartphone yang beredar saat ini.

Banyak sekali fitur yang ada di smartphone ini, namun kami lihat pada Advan G3 ini masih mengunggulkan sistem keamanan yang berlapis untuk memproteksi smartphone ini.

Fitur keamanan seperti disematkannya sensor sidik jari (fingerprint) yang terdapat pada bagian belakanng smartphone ini, persis di bawah Lampu LED Flash dan Kamera utama, panel ini memiliki desain lingkaran yang sempurna.

Posisinya yang tepat di tengah membuatnya nyaman saat diakses jari jemari kita.

Sensor ini terbilang cukup responsive untuk mendeteksi sidik jari kita, bahkan anda dapat mendaftarkan lima jari untuk dapat membuka layar mengunakan sidik jari dari jari yang berbeda, dan yang menariknya lagi sensor sidik jari ini tidak hanya untuk membuka layar smartphone tetapi bisa juga untuk memproteksi aplikasi yang terinstal pada smartphone ini.

Loading...

Selain Sensor sidik jari, Advan G3 juga mempunyai pengamanan berupa tekologi Face Unlock.

Fitur ini memang sudah banyak yang mengaplikasikannya pada smartphone yang lain, tetapi fitur ini rasanya masih kalah dibanding dengan mengunakan pengamanan sensor sidik jari.

Itu disebabkan fitur ini kadang susah untuk menditeksi wajah jika dalam keadaan kurang cahaya, dikarenakan mengunakan sensor pada kameranya, dan juga responnya lebih lambat daripada mengunakan sensor sidik jari.

Ada lagi fitur keamanan yang disematkan pada Advan G3 ini yaitu App Lock. Fitur ini dapat mengunci dan memproteksi hampir semua aplikasi yang ada pada ponsel Advan G3 ini, misalnya email, pesan, foto, dan masih banyak lagi.

Memang Banyak fitur keamanan yang disematkan pada Advan G3 ini tetapi ada satu buah fitur proteksi lagi yang sangat penting untuk smartphone saat ini.

Aplikasi keamanan ini adalah Anti Theft, yaitu fitur keamanan yang dapat mengunci ponsel, membunyikan alarm, mendeteksi lokasi smartphone melalui GPS, dan juga menghapus semua data smartphone dengan cara meremotnya dari jarak jauh, saat smartphone ini hilang atau dicuri.

Baca juga :   Harga LG X Power LS755 dan Spesifikasi

Fitur Unik

Selain memilik antarmuka khas sistem keamanan yang berlapis, balutann IDOS Advan ini juga memiliki beberapa fasilitas dan juga fitur menarik dan unik lainnya.

Fitur itu antara lain adanya panduan Muslim yang berisi aplikasi jadwal sholat, Al-Quran Digital, tasbih digital, informasi mengenai zakat, tanggalan Hijaiyah, beragam Doa harian dan juga panduan arah kiblat.

Terdapat pula aplikasi yang dapat mengirimkan file penting seperti foto, video, musik dan aplikasi yang dinamakan FreeShare, aplikasi ini hampir mirip dengan aplikasi SHAREit namun aplikasi ini adalah aplikasi sistem langsung dari Advan G3.

Fasilitas menarik lainnya adalah Privacy System yang terdapat dalam folder Cool Tech. Fitur ini membuat Anda dapat menyembunyikan, foto, video, kontak, SMS, dan aplikasi rahasia yang hanya bisa dibuka oleh Anda sendiri menggunakan Password yang dibuat khusus.

Kamera

Advan G3 memiliki konfigurasi satu buah sensor kamera baik pada kamera utama maupun kamera selfinya.

Untuk kamera utama mengunakan sensor 16 MP dengan bukaan f/2.0. memang jika dilihat kamera ini masih mengunakan konfigurasi standar, namun hasil dari kamera smartphone ini cukup lumayan.

Hal ini dikarenakan smartphone ini mengunakan dibekali software kuhusus berteknologi AI, membuatnya secara otomatis akan mendeteksi dan mengatur situasi lingkungan apa yang akan difoto, terdapat sekitar 12 scene foto yang akan otomatis tampil ketika fitur AI diaktifkan.

Jika kita menilik hasil yang didapat dengan kamera ini, maka hasinya cukup baik, dengan tone warna yang terlihat natural, namun hal itu akan terwujud jika kita melakukan pemotretan pada keadaan cahaya yang cukup.

Dan lucunya walaupun mengunakan single kamera namun kamera smartphone ini mampu menghasilkan foto bokeh yang natural.

Untuk menakali situasi kirang cahaya kita dapat mengunakan mode HDR sehingga kualitas gambar yang dihasilkan lebih baik pada cahaya redup.

kamera Advan G3 juga terdapat fitur yang cukup menarik yaitu dengan dihadirkannya banyak stiker unik yang disebut FaceCute.

Modelnya mirip dengan aplikasi stiker AR yang terdapat pada kamera OPPO F Series dan juga Vivo V Series.

Hal ini membuat berfoto menjadi Atraktif dan seru. Yang mengherakan lagi kamera utama Advan G3 juga mempubyai beragam pilihan filter serta beberapa mode keren seperti Slo-Mo, Panorama, Time-lapse dan Audio Image.

Beralih ke kamera selfinya, Advan G3 ini memiliki sensor kamera selfi sebesar 8 MP.

Memang dengan sensor yang terbilang cukup kecil untuk saat ini, hasil yang didapat kurang maksimal. Hasil dari tangkapannya masih terdapat banyak noise.

Namun yang patut diapresiasi kamera depan smartphone ini sudah dilengkapi mode portrait dan juga dapat menghasilkan foto bokeh.

Ditambah lagi tidak ketinggalan mode beauty yang dapat digunakan untuk mempercantik tangkapan gambar wajah dan dilengkapi pula banyak stiker lucu dan juga unik.

Dual Speaker Harman Kardon

Dengan disematkannya speaker milik Harman Kardon membuat kualitas audio pada smartphone ini tidak diragukan lagi, dan untuk menikmatinya Advan G3 mempunyai dua buah speaker milik Haman Kardon, dengan kualitas keluaran suaranya kencang dan jernih.

Sistem audio ini juga dikombinasikan dengan Aplikasi Musik Player bawaan yang juga menyertakan settingan equalizer di dalamnya.

Terdapat dua opsi pilihan efek audio pada aplikasi Musik Player ini.

Antara lain sistem Equalizer yang menawarkan lima level dari skala -15dB sampai 15dB.

Setelan ini juga memiliki dua pilihan. Anda dapat mengatur sendiri lima level tersebut dengan melakukan swipe up atau down pada aplikasi Equalizer atau Anda pilih saja pilihan settingan equilazer yang tersedia di bawah aplikasi Equilazer.

Ada juga sistem Enhanced Surround untuk lebih menambah “tebal” kualitas keluaran suaranya. Selain ada beberapa pilihan setinggan mulai dari small room hingga plate, terdapat pula setelan penambah efek bass (bass booster) dan efek surround (surround sound).

Kedua pengaturan ini terasa lebih maksimal jika kita mengunakan earphone/headset.

Untungnya pada paket penjualannya, Advan G3 sudah dibekali JBL earphone. Sementara untuk meningkatkan suara yang dihasilkan speakernya, pada pengaturan sound enhancement pilihlah opsi BesLoudness sehingga otomatis suara yang dihasilkan meningkat.

Sistem On Chip

Beralih ke sector dapur pacu, Advan G3 mendapat suatu peningkatan yang bisa dibilang cukup maju dibanding pendahulunya.

Walaupun smartphone ini masih sama-sama mengunakan chipset MediaTek, akan tetapi chipset yang digunakan mempunyai spesifikasi yang lebih baik dari pada pendahulunya.

Bahkan pada bagian prosesornya sudah mengunakan 8 inti ( Octa-Core ) dengan kecepatan sebesar 1.5 GHz, hal ini bisa dibilang setingkat lebih baik dari pada pendahulunya G2 Pro yang masih mengunakan prosesor 4 inti ( Quad-Core ) dengan kecepatan 1.3 GHz.

Sedangkan untuk mendukung akselerasi prosesor yang sudah begitu mumpuni, smartphone Advan G3 ini mengunakan RAM sebesar 4GB, sehingga dengan konfigurasi seperti itu membuat smartphone ini dapat melibas semua sistem yang ada pada smartphone ini juga menjalankan berrbagai fungsi dan aplikasi yang ada di dalamnya.

Baca juga :   Harga Vivo Y55L dan Spesifikasi

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan data, smartphone ini dibekali kapasitas penyimpanan yang tergolong cukup yaitu sebesar 64GB.

Namun apabila kapasitas yang diberikan dirasa kurang cukup, anda tidak perlu khawatir dikarenakan smartphone ini memiliki slot kartu microSD yang mampu menampung sampai dengan 64GB juga. Jadi total penyimpanan yang bisa didapat yaitu sebesar 128 GB.

Akselerasi yang didapat sungguh sangat bisa diandalkan, hampir semua fitur dan aplikasi termasuk bermain game dapat dijalankan dengan sempurna.

Namun jika kita paksakan untuk memainkan game dengan spesifikasi dan kwalitas grafis yang tinggi, maka hasil yang didapat akan menjadi agak tersendat.

Uji benchmark yang kami lakukan mengunakan aplikasi pihak ketiga, menunjukan hasil yang cukup bagus dan bisa dikatakan smartphone ini masuk pada katagori kelas menengah.

  • Antutu v7.1.0 mendapat score 55491
  • PC Mark (Work 2.0 performance) mendapatkan score 3404
  • Geekbench (CPU) mendapatkan score 621 untuk single-core dan 2656 untuk multi-core
  • Geekbench (compute) mendapat score sebesar 1777
  • 3D Mark (Sling Shot Extreme) mendapat hasil 392 (OpenGL ES 3.1)

Sekarang kita beralih pada bagian kekuatan baterainya, Advan G3 mengunakan baterai Li Ion non-removable dengan kapasitas daya sebesar 3500 mAh.

Baterai ini mampu menyuplai daya pada pemakaian sehari hari mampu bertahan sampai seharian penuh, sedangkan jika dalam keadaan standby maka smartphone ini mampu bertahan sampai kurang lebih dua hari.

Kenapa bisa seperti itu, hal ini dikarenakan sistem manajemen daya yang baik pada smartphone ini, apalagi jika kita mengaktifkan pengaturan Ultra Power Saving, maka baterai Advan G3 dapat bertahan kurang lebih selama 4 hari.

Kesimpulan

Memang jika kita tilik dari harganya, maka smartphone ini menjadi yang termahal diantara jajran smartphone yang dikeluarkan oleh vendor Advan.

Smartphone ini ditawarkan ke Tanah Air dengan harga Rp 2.999.000,- .

Dengan harga segitu anda akan mendapatkan paket berupa dual speaker dari pabrikan audio ternama Harman Kardon dan juga smartphone dengan desain Full Screen pada layarnya.

Hal ini membuat harga yang ditawarkan sangat wajar, karena spesifikasi yang ditawarkan.

Bahkan Advan menawarkan harga yang lebih murah kepada para mahasiswa tanah air yaitu seharga Rp 1.999.000, yang tentunya cukup menarik perhatian mahasiswa milenial saat ini.

Sedangkan kekurangan yang dapat membuat kita berpikir akan membeli smartphone ini atau tidak, yaitu desain bodinya yang mengunakan material plastic dengan balutan material seperti kaca yang membuatnya terlihat glossi sehingga mudah sekali kotor dan terasa licin saat digenggam.

Dan juga smarphone ini belum memiliki kamera ganda, seperti kebanyakan smartphone keluaran terbaru pada tahun ini.

Diluar semua kelebihan dan kekurangannya, smartphone ini diharapkan mampu bersaing pada persaingan pasar di segmen kelas menengah ke bawah.

Kelebihan :

  • Octa-Core, 1.5 GHz dangan RAM 4GB
  • Dual Speaker dari Harman Kardon
  • Fitur Keamanan yang Lengkap.

Kekurangan :

  • Body terlihat glossy sehingga mudah kotor dan sangat rentan tergores
  • Hanya Terdapat Single Kamera pada kamera utamanya
  • Tidak dilengkapi Radio FM

 

ADVAN G3 SPESIFIKASI
Jaringan
  • Teknologi GSM / WCDMA / LTE
  • 2G bands 850/900/1800/1900
  • 3G bands WCDMA 850/900/2100/1900
  • 4G bands 4G LTE B1/3/5/7/8/20/40/38/41
  • Kecepatan HSPA
  • GPRS Ya
Bodi
  • Dimensi 159.9*76.9*7.6 mm
  • Berat –
  • Material Glowsy glass plastik
  • SIM Dual Nano SIM
Display
  • Jenis LCD HD+ Full View Display
  • Ukuran 5.99 inches
  • Bentang Layar 1440X720
  • Multitouch Ya
  • Tidak ada Perlindungan Layar
Platform
  • OS Android 7.0 / IDOS 7.32
  • Chipset Mediatek MT6750T
  • CPU Octa-core 1.5 Ghz
  • GPU Mali-T860
Memori
  • slot Kartu Micro SD up to 64 GB
  • Internal 64 GB
  • RAM 4 GB
Kamera
  • Kamera Belakang 16 MP
  • Fitur Kamera Fotografi Cerdas, Autofokus, Kecantikan, HDR (Kamera Depan) & Fotografi Cerdas, Autofokus, Kecantikan, SLO-MO, Fokus,Panorama, Tanda Air, Audio Gambar, Selang Waktu, Rekaman Dengan Pengindahan, HDR (Kamera Belakang)
  • Video Video Call/Chat
  • Kamera Depan 8 MP
Sound
  • Jenis Pemberitahuan Getaran; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker Ya, dengan speaker dari Harman Kardon
  • 3.5 mm jack Ya
Sambungan
  • WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth Ya
  • GPS Ya
  • NFC Tidak
  • Radio FM Radio
  • USB Ya OTG MicroUSB 2.0
Fitur
  • Sensor Sidik Jari (fingerprint), ID Wajah (Face ID), Giroskop, Sensor Cahaya, Akselerometer, Magnetometer, Jarak, Barometer
  • Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
  • Browser HTML5
  • MP4/DivX/XviD/H. 265 player
  • MP3/WAV/eAAC+/FLAC player
  • Photo/video editor
  • Document editor
  • Organizer
  • Image/video editor
  • Google Search, Maps, Gmail,
  • YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa
  • Document editor
  • Voice memo/dial
  • Predictive text input
Baterai
  • Non Removable Polymer 3500mAh
Warna
  • HitamBiru
Harga
  • Sekitar Rp. 2.999.000

Kamu pasti juga suka..

Loading...