Ada Keanehan Dari Zenfone 5Q ZC600KL Apa Saja Itu?

Digital Ponsel – Mungkin kalian bertanya tanya apanya yang aneh sih dari smartphone ini, apakah bentuknya yang tidak wajar atau apakah keanehan yang bersifat positif atau negatif. Maka dari itu kami akan membahas beberapa keanehanya berikut ini.

Jika kami perhatikan setidaknya ada 6 keanehan yang kita bisa temukan di HP ini.

Berikut Kami jabarkan beberapa keanehan tersebut :

Zenfone 5Q

img : ph.store.asus.com

Keanehan Pertama

Pada pemilihan nama smartphone ini, apanya yang aneh dengan nama Zenfone 5Q ini ? Ya keanehanya karena nama tersebut di luaran sana bukan bernama  Zenfone 5Q tapi Zenfone 5 Lite, kami juga heran kenapa pihak Asus menamakan Zenfone 5 Lite ini dengan nama Zenfone 5Q, dan dari pihak Asus sendiri bilang tidak ada alasan yang spesifik mengenai penamaan tersebut.

Keanehan Kedua

Ada pada sisi design nya, waktu pertama kali dipegang saja smartphone ini terasa aneh, karena smartphone ini merupakan varian dari Zenfone 5 tetapi dengan lini design yang berbeda. Pada masing-masing pojok sisinya terasa agak lebih tajam lengkungannya dan sangat terasa saat kita gengam.

Tapi menurut kami ketajamannya masih dalam tahap wajar sih. Trus tata letak kamera utama di smartphone ini juga berbeda dengan varian Zenfone 5 yang lain, karena dual kameranya berada di tengah dan dengan design vertical atau memanjang ke bawah.

Perasaan saat memegang smartphone ini juga terasa aneh karena walaupun punya sisi yang agak melengkung tajam tapi masih terasa enak sewaktu digenggam dan terasa lebih solid grip nya.

Walaupun begitu kami masih menyukai design pada bagian belakangnya yang mengunakan material kaca hal itu membuat smartphone ini terlihat lebih premium dengan build quality yang bagus.

Keanehan Ketiga

Segmen yang diusung Smartphone Asus di seri ke 5 ini juga rada nggak jelas, karena di seri ini Asus tidak mengeluarkan seri selfie sama sekali.

Dan heranya Zenfone 5Q ini mempunyai setup kamera yang nggak biasa, kita akan menemukan kamera belakang dengan resolusi 16MP dan 8 MP yang bisa menangkap wide  120˚, sementara untuk kamera depan juga menemukan dua buah kamera dengan resolusi 20 MP dan 8 MP dan juga bisa menangkap wide juga.

Dengan kamera yang seperti itu kami merasa alasan Asus menganti nama Zenfone 5 Lite menjadi Zenfone 5Q karena nama tersebut kurang pas diterapkan pada smartphone ini karena smartphone ini tidak ada Lite-Lite nya sama sekali, malah dari sisi kamera lebih baik dari varian zenfone 5 yang lain.

Hasil pengambilan foto dari smartphone ini juga membuat saya terheran heran, dikarenakan biasanya setiap Asus meluncurkan smartphone terbaru hasil dari kameranya rada kurang bagus dan baru bisa terlihat bagus jika Samsung sudah mengeluarkan update software terbarunya.

Tapi nyatanya smartphone ini memiliki hasil tangkapan yang melebihi dari apa yang kami bayangkan, terutama untuk kamera depannya yang menghasilkan hasil foto selfie yang keren.

Dengan hasil foto seperti itu kemungkinan asus melebur seri selfie nya kedalam smartphone ini. Mungkin juga penamaan selfie kurang menjual karena banyak competitor di segmen selfie ini yang susah untuk dikalahkan.

Yang terpenting hasil yang didapat kamera ini tidak mengecewakan daripada mengunakan nama selfie tapi malah hasilnya tidak bagus.

Keanehan Keempat

Sofware di smartphone Asus terasa kurang greget walaupun masih ada beberapa varian Asus yang greget seperti Zenfone Max Pro M1 .

Kurang gregetnya ada pada sisi performa sofwarenya yang kurang responsive  walau kalau kita perhatikan spesifikasi yang digunakan sudah mumpuni dengan snapdragon 630 dan RAM 4GB juga internal penyimpanan sebesar 64GB, spesifikasi ini bahkan lebih tinggi Xiaomi Mi A1 untuk versi yang 3 GB, tapi yang mengherankan Xiaomi MI A1 dalam pemakainannya jauh lebih smooth daripada Zenfone 5Q ini.

Bahkan jika dibanding dengan Software MIUI dari Xiaomi software di smartphone ini terasa lebih berat.

Semoga saja Asus bisa membuat costumisasi software yang tidak begitu berat seperti yang dilakukan Oneplus dengan Oxygen OS nya yang mengunakan base stock ROM dengan sedikit modifikasi, dan bisa dilihat tidak ada keliahatan ngeleg pada smartphone keluaran Oneplus.

Keanehan Kelima

Yang lebih mengherankan lagi system android pada smartphone ini juga aneh menurut kami yaitu masih mengunakan Android versi 7.1.1 Nouget.

Kenapa aneh karena untuk seri yang lebih rendah aja macam Zenfone Live L1 malah sudah langsung mendapatkan Android Oreo 8.0. Sungguh bikin geleng gelang kepala .

Walaupun sebenarnya nggak ada jaminan kalau mengunakan system Android Oreo bisa ngasih user experience yang lebih baik dari pada system operasi Android Nauget.

Tapi itu bisa menjadi gambaran seberapa rajin para vendor smartphone dalam memperhatikan update pada sebuah smarphone keluarnya.

Keanehan Keenam

Sector performa di smarphone ini juga terbilang aneh, walupun dengan  UI yang terasa berat dan kurang smooth saat digunakan , tapi saat bermain game smartphone ini menampilkan hasil yang memuaskan.

Meskipun chipset yang digunakan mirip dengan Snapdragon 625  tapi spesifikasi yang diusung Snapdragon 630 memiliki spesifikasi yang sedikit lebih tinggi seperti seperti max speed yang lebih tinggi dan juga GPU yang digunakan lebih tinggi, walhasil pengalaman gamingnya menjadi sedikit lebih baik.

Untungnya saat digunakan untuk bermain game secara intensif kami tidak menemukan kendala yang berarti semua game HD yang diluncurkan saat ini bisa dilibas dengan sempurna.

Memang ada kalanya frame drop saat bermain, tapi itu masih bisa ditolerir mengingat prosesor yang digunakan juga bukan diunggulkan untuk mencapai performa prosesor yang mumpuni di 2018 ini.

harga yang ditawarkan pada saat Launching smartphone ini diumumkan dijual dengan harga Rp 3.499 juta

Kesimpulannya smartphone ini terasa banyak perbedaan dibandingkan dengan varian dari Zenfone 5 yang lain.

Loading...

Tapi perbedaan tersebut masih sangat rekomended untuk dibeli karena banyak hal yang diluar dugaan seperti user experient game yang baik, ketahanan baterai yang mumpuni dan kamera yang bisa dibilang lebih unggul dari beberapa seri Zenfone yang ada di pasaran saat ini.

 

Baca juga :   HP Asus ROG : Design Mewahnya Harga Android Asus ROG Phone Terbaru
Spesifikasi ASUS Zenfone 5Q
Network
  • GSM / HSPA / LTE
Body Dimensi

  • 160.6 x 76.2 x 7.8 mm (6.32 x 3.00 x 0.31 in)

Berat

  • 168 gram

Material

  • Front/rear glass, aluminum frame

SIM

  • Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Display Type

  • IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

Ukuran

  • 6.0 inches, 92.9 cm2 (~75.9% screen-to-body ratio)

Resolusi

  • 1080 x 2160 pixels, 18:9 ratio (~402 ppi density)

UI

  • ASUS ZenUI 5.0
System on Chip Chipset

  • Qualcomm SDM630 Snapdragon 630

CPU

  • Octa-core 2.2 GHz Cortex-A53

GPU

  • Adreno 508

OS

  • Android 7.1 (Nougat)
Memory Card Slot

  • microSD, up to 512 GB (dedicated slot)

Internal

  • 64 GB, 4 GB RAM or 32 GB, 3 GB RAM
Kamera Utama Dual

  • 16 MP, f/2.2, 26mm, PDAF
  • 8 MP, 13mm, no AF

Fitur

  • LED flash, HDR, panorama

Video

Kamera Selfie Dual

  • 20 MP, f/2.0, 23mm, 1/2.8″, 1.0 μm
  • 8 MP, 13mm, no AF

Fitur

  • LED flash

Video

Konektifitas WLAN

  • Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot (SDM630)

Bluetooth

  • 4.2 (SDM630 only), A2DP, LE

GPS

  • A-GPS, GLONASS, BDS

NFC

  • Ada

USB

  • micro USB 2.0
Fitur Sensor

  • Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • 3.5 mm jack Active noise cancellation with dedicated mic
Baterai
  • Non-removable Li-Ion 3300 mAh battery
Colors
  • Midnight Black, Moonlight White, Rouge Red

Kamu pasti juga suka..

Loading...