Cara Mengatasi Hp Android Lemot / Lelet

Cara Mengatasi Hp Android LemotAndroid adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan google yang sukses diminati dan digemari para pengguna ponsel smartphone di seluruh dunia. Terbukti dengan dilakukannya perkembangan secara terus menerus oleh google untuk mengembangkan sistem operasi ini. Dan sekarang sudah sampai Android 7.0 yang dinamakan dengan nama Android Nougat.

Banyak vendor – vendor smartphone yang sudah menyematkan sistem operasi besutan perusahaan google ini. Kita dengan mudah dapat menjumpai berbagai macam merk hp yang sudah menggunakan sistem operasi android ini. Bahkan banyak dari kita yang pastinya sudah menggunakan hp dengan sistem operasi android ini.

Nah dalam pemakaian sehari – hari, tidak jarang kita temui hp android kita lemot dan tidak bekerja secara maksimal. Hal itu tentu sangat mengganggu dan menjengkelkan. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hp android menjadi lemot. Dalam artikel ini kita akan membahas tips – tips cara mengatasi hp android lemot.

Flash Sale Lazada hemat 99%

cara mengatasi hp android lemot

Cara Mengatasi Hp Android Lemot

1. Cek penggunaan memori internal

Penggunaan memori internal sangat berpengaruh pada kinerja smartphone android kita. Semakin banyak memori internal yang digunakan maka semakin sedikitlah ruang bebas bagi sistem operasi untuk mengeksekusi fungsi – fungsi aplikasi. Sehingga menyebabkan hp android menjadi lemot karena kurangnya ruang bebas untuk menjalankan fungsi aplikasi. Sebaiknya anda menyimpan data di memori eksternal tambahan yang bisa anda tambahkan dengan menggunkan kartu memori. Atau pilihlah smartphone dengan memori internal yang besar.

2. Cek RAM

Selain memori hal yang paling berpengaruh lainnya dalam kinerja smartphone android adalah RAM. Rajin – rajinlah mengecek RAM dan bersihkan. Karena hp android dengan RAM besar pun jika tidak rajin mengecek dan membersihkan akan membuat RAM tersebut penuh dan menyebabkan hp android anda lemot.

3. Tutup aplikasi segera setelah selesai digunakan

Dalam penggunaan hp dengan sistem operasi android, ketika kita selesai membuka aplikasi dan kita kembalikan pada layar awal sejatinya aplikasi yang kita buka tadi itu belum benar – benar keluar dan masih berjalan pada latar belakang. Hal itu otomatis akan memenuhi beban kerja RAM dan membuat hp android menjadi lemot. Jadi sebaiknya setelah anda selesai menggunakan sebuah aplikasi segeralah tutup dengan cara menekan tombol / pad recent app dan buangilah dengan cara menggeser ke kanan atau ke kiri. Dengan begitu aplikasi tersebut akan benar – benar tertutup dengan sempurna.

Cek juga: Cara mengatasi Kode mmi tidak valid

4. Gunakan 1 aplikasi antivirus, jangan lebih

Aplikasi antivirus ini biasanya bekerja pada beckground atau latar belakang sistem android. Jadi otomatis berdampak pada penggunaan RAM yang terus – menerus. Nah sebaiknya anda menggunakan 1 aplikasi antivirus saja untuk menghemat penggunaan RAM yang bekerja pada latar belakang sistem operasi android.

Baca: Cara Membersihkan Speaker Hp yang Kotor

5. Jangan terlalu banyak menginstal aplikasi

Gunakanlah aplikasi seperlunya saja, jangan terlalu banyak menginstal aplikasi yang tidak perlu. Penginstalan aplikasi ini akan membutuhkan peran memori internal untuk dapat memasang aplikasi tersebut pada smartphone anda. Penginstalan aplikasi yang terlalu banyak maka akan memperbanyak juga kebutuhan memori internal yang diperlukan sehingga menyebabkan hp android lemot karena memori hp android penuh.

6.  Restart hp android

Cara ini merupakan cara pintas yang biasa dilakukan orang – orang untuk mengtasi hp android lemot. Ya boleh saja sih melakukan hal ini namun ingat cara ini merupakan cara pintas yang dilakukan dalam keadaan darurat. Misalnya anda sedang butuh untuk menghubungi orang lain karena kepentingan yang mendesak.

Demikian beberapa tips cara mengatasi android lemot yang  bisa penulis bagikan dalam kesempatan kali ini.  Apabila kamu ingin mempercepat koneksi internet bisa baca artikel ini : Cara mempercepat koneksi internet. Selamat mencoba.

Best Seller Lazada
About Author: