Cara Flash Redmi 3

Smartphone xiaomi Redmi 3 yang beredar di pasaran dengan garansi distributor yang custom ROMnya disebut ROM Distributor, banyak sekali yang bermasalah.

Banyaknya iklan pop up yang muncul, aplikasi banyak yang error dan baterai cepat habis membuat pengguna merasa tidak nyaman.

ROM distributor yang terpasang pada smartphone bukan versi resmi dari xiaomi yang tidak didukung oleh xiaomi dan mempengaruhi kinerja smartphone. Untuk menggunakan versi ROM MIU resmi smartphone perlu dilakukan flashing.

Flash Sale Lazada hemat 99%

Cara Flash Xiaomi Redmi 3 Menggunakan Mi Flash

Lalu bagaiamana Cara flash xiaomi redmi 3 menggunakan Mi Flash.

Karena tidak bisa menggunakan metode fastboot ROM untuk melakukan flashing karena terkendala lock bootloader.

Nah maka dari itu kali ini akan membahas cara flashing pada hp xiaomi.

Cara Flash Redmi 3 Menggunakan Mi Flash

Beberapa kemungkinan bisa terjadi saat melakukan Flashing.

Jika flashing berhasil maka ROM akan menjadi ROM resmi dan jika gagal bisa saja smartphone mati total, eror dan bootloop.

Sebelum cara flash xiaomi redmi 3 dilakukan tentunya membutuhkan aplikasi pendukung, seperti Mi Flash, Mi PC suite dan Firmware Rom xiaomi redmi 3 resmi dari Official Xiaomi. Perangkat yang diperlukan antara lain :

  • Mi Flash – download disini
  • Mi PC Suite – download disini
  • Custome ROM/Fastboot ROM – download, dapat memilih global stable, global developer, china stable atau china developer.

Yang perlu diperhatikan sebelum melakukan flashing adalah memastikan ROM yang di download adalah .tgz atau .tar, menggunakan windows 64bit dan menggunakan kabel original dari xiaomi. Jangan lupa melakukan backup data dan mendisable signature agar lancar saat flashing.

Cek: Cara Instal Ulang Hp Android

Persiapan Flash Redmi 3

  1. Instal PC Suite yang sudah di download
  2. Masuk ke Download Mode dengan Cara, tekan Volume atas + Tombol Power secara bersamaan dengan Smartphone dalam keadaan mati.
  3. Pilih menu Download, Smartphone menjadi blank sebagai tanda masuk ke Download mode.
  4. Terlebih dahulu Disable signature
  5. Bukalah Device manager pada PC, dan hubungkan dengan Smartphone hingga terdeteksi sebagai QHUSB_BULK.
  6. Selanjutnya Update driver dengan cara klik kanan QHUSB_BULK pilih Choose Browse My Computer for Driver Software. Carilah driver pada lokasi drive C: \ Program Files (x86) \ Xiaomi \ MiPhone \ Qualcomm \ Driver
  7. Apabila folder Xiaomi tidak ditemukan, install terlebih dahulu Mi Flash. Jika muncul notifikasi proses isntalasi pilih Install this Driver anyway. Tunggu sampai proses instalasi selesai.
  8. Jika driver sudah terinstall, maka akan berubah menjadi Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 (COMX). Huruf X  adalah angka yang membedakan setiap Smartphone.
  9. Pastikan sistem operasi yang digunakan adalah Windows 64bit
  10. Extraks firmware ROM atau Fastboot ROM yang berekstensi .tgz dan diletakkan di My Document. Jika file bertipe .tar rubah menjadi .tgz terlebih dahulu.

Xiaomi Terbaru => Xiami Redmi 5A Hanya 1 juta kurang

Flashing Redmi 3

  1. Bukalah Aplikasi Mi Flash yang ada di drive C: \ Program Files (x86) \ Xiaomi \ MiPhone dengan cara klik kanan Run as Administrator.
  2. Jika aplikasi Mi Flash sudah terbuka akan terdapat beberapa button dan menu pilihan. Klick tombol Browse dan pilihlah folder hasil extraks firmware ROM atau Fastboot ROM.
  3. Setelah itu tekan tombol refresh hingga pada bagian device sudah tertulis COMX. Dimana X mewakili angka device, jadi COMX bisa jadi COM40, COM30, COM20, dan COM10.
  4. Pada tampilan aplikasi bagian bawah , bisa dipilih Flash All, Flash All except storage atau Flash All except data dan storage.
  5. Lanjutkan dengan tekan tombol Flash di bagian kanan atas. Proses flashing memakan waktu sekitar 1 sampai 10 menit. Rata-rata 5 sampai 8 menit.
  6. Jika proses flash berhasil akan muncul notifikasi The Operation  Completed Successfully.
  7. Setalah itu cabut USB, dan nyalakan Smartphone.

Demikian informasi yang kurang lebih bermanfaat untuk teman-teman penggemar Xiaomi Redmi 3 apabila ingin melakukan flasing Xiaomi Redmi 3 smartphone yang di inginkannya. Semoga membantu. Silahkan bagikan jika artikel ini bermanfaat. Terima kasih

Best Seller Lazada
About Author: