Cara Backup file Data Aplikasi WhatsApp Paling Mudah

Digital Ponsel – Inilah cara backup file data aplikasi whatsApp dengan metode yang sangat sederhana dan kami akan menjelaskanya, beserta langkah-langkah yang sistematis. Sehingga Anda dapat memahami dan menerapkan dengan mudah. Satu-satunya hal yang perlu dilakukan adalah melihat dan mendownload versi terbaru dari Whatsapp dari Google Play Store atau memperbarui aplikasi whatsapp terlebih dahulu.

Backup file percakapan whatsapp memang kadang di butuhkan apabila dalam keadaan ingin mengambil data sebelumnya dari pada kita harus menulis ulang apa percakapan yang penting dari perbincangan ke dua belah pihak baik kamu dan clientmu. Era sekarang dalam obrolan bisnis dan bertukar informasi sudah semakin berkembang, salah satunya menggunakan aplikasi WA atau kepanjangannya Whatsapp.

Aplikasi tersebut semakin ke depan semakin canggih dengan perkembangan menciptakan sebuah fitur yang bisa memudahkan pengguna. Selain cara membuat akun whatsapp yang mudah, hanya bermodalkan nomor hp saja, kamu sudah bisa mendapatkan akun whatsapp. Kita ketahui juga bahwa layanan yang di berikan tersebut tidaklah berbayar, alias gratis. Kamu bisa menggunakannya tanpa mengeluarkan biaya layanan dari WA. Namun paket data internet saja yang di butuhkan.

Cara backup file Data Aplikasi WhatsApp

Cara backup file Data Aplikasi WhatsApp

Cara backup data pada aplikasi  whatsapp  ada 2 cara tentunya untuk back up memerlukan proses yang sedikit panjang. Untuk melakukan backup pilih apa yang menurut anda mudah dan sesuai dengan yang anda cari.

Backup Data File Dengan Cara Mentransfer

  1.  Buka dari PC atau dari pengelola aplikasi file android.
    (Pastikan Anda telah menginstal aplikasi whatsapp) lalu uninstall untuk mengetahui di mana letak folder database.
  2. Buka folder memori-memori lama: / sdcard / WhatsApp / Database. Di dalam folder Database, Anda akan menemukan beberapa file obrolan. Msgstr “menggunakan format” msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt8 “.
  3. Pertama, ganti nama “msgstore.db.crypt” dengan menambahkan “OLD” atau ke “old.msgstore.db.crypt8”, lalu di chat file cadangan (pada kartu memori atau pada Smartphone lama), yang ingin Anda pulihkan . contoh: “msgstore-2015-09-12.1.db.crypt8” ganti nama menjadi “msgstore.db.crypt8”. (Saya menggunakan file backup terakhir).
  4. Copy dan paste di folder WhatsApp / Database (New SmartPhone)
    Keluar dari file manager, lalu Reinstall WhatsApp. Pilih Pulihkan saat ditanya.
    File “msgstore.db.crypt8” akan dipulihkan (lihat kapasitas ukuran file, sama dengan yang dipulihkan) dan sekarang pesan atau obrolan Anda telah kembali. Perlu diperbaiki dengan file sebelumnya berarti chatting setelah backup selesai akan terhapus dan tidak ada cara untuk mengirim backup data chat terbaru dengan yang lama.
Baca :   Cara Transfer Pulsa Indosat Ooredoo IM3 Mentari

Backup Data Files Dengan Google Drive

Dengan fitur ini dari Whatsapp Anda dapat dengan mudah membackup obrolan Anda di Google Drive. Selain itu, Anda mungkin berhenti menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mungkin telah digunakan untuk tujuan ini sebelumnya.

  1. Setelah mendownload atau memperbarui WhatsApp ke versi terbaru. Buka Pengaturan dan Kemudian klik pada menu pilihan yang Anda temukan di sana.
  2. Klik pada opsi backup cadangan yang Anda temukan di aplikasi Whatsapp.
  3. Kemudian setelah Anda melakukannya, Anda akan diarahkan ke halaman masuk Google Gmail yang meminta Anda untuk masuk ke aplikasi Google. Jadi Anda harus login ke sana dengan akun Gmail Anda.
  4. Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, WhatsApp akan mendapatkan akun WhatsApp Anda untuk menginstal penyimpanan Google drive Anda dan menyimpannya di sana
  5. Anda juga memiliki opsi untuk membuat cadangan file secara manual, atau bahkan memilih opsi untuk obrolan cadangan berdasarkan periode harian / mingguan / bulanan / tahunan. Selain itu Anda bahkan bisa memilih kapan dan bagaimana backup harus dilakukan. Seperti untuk backup menggunakan data internet berbasis operator seluler atau Wifi.

File ini dapat digunakan saat Anda kehilangan telepon dan menggunakan semua data obrolan Whatsapp Anda. basis data ini tidak hanya bisa menjadi data obrolan Anda, tapi juga data media Anda seperti foto dan video yang telah dibagikan dengan WhatsApp.

Baca juga :

Perlu di ingat dan perhatikan bahwa proses data cadangan yang sudah lama dipanjang di Google Drive. Maka data akan otomatis terhapus dan diganti dengan data backup baru dan tidak ada cara yang bisa dilakukan.  Bila kita menginginkan data lama tetapi  sudah tidak  ada. Hal ini dikarenakan data yang dihapus oleh Google Drive  bersifat permanen.

 

Tri

Family and Quality Conten is number one ! - Ajukan Pertanyaan di sini

Kamu pasti juga suka..

Tinggalkan jejak gan